Mohon tunggu...
Agus Almufti
Agus Almufti Mohon Tunggu... Belajar sembari berjalan

Seorang yang belajar berjalan, merawat dan melawan...

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Tak Ada yang Benar-benar Layak untuk Diperjuangkan

9 Desember 2020   12:00 Diperbarui: 9 Desember 2020   12:00 66 1 0 Mohon Tunggu...

Sampai saat ini, aku tak menemukan satupun alasan kenapa aku masih ada disini. Aku selalu berusaha mencari alasan, tujuan ataupun peran yang sekiranya bisa dijadikan sandaran dan pegangan dalam menjalani hidup. Dalam 2 tahun terakhir banyak sudah tempat ku datangi, tak terhitung berapa banyak orang yang ku temui dan ku ajak untuk bertukar pikiran, banyak kisah yang ku dapatkan dari mereka, namun belum ada yang benar-benar menginspirasi ku.

Lalu aku coba untuk mencari dalam diri, menyelami kedalaman pikiran, pengalaman dan kesadaran ku sendiri. Banyak yang ku temukan namun kebanyakan hanya semakin membuat ku merasa tak bahwa tak ada yang benar-benar layak untuk diperjuangkan, dan semakin sadar bahwa semua hanya sementara, hanya titipan, tak ada yang abadi, selain kehidupan itu sendiri.

Beberapa waktu lalu aku diingatkan lagi tentang melepaskan dan mengikhlaskan, aku merasa heran dengan itu semua, karena sejauh yang aku ingat, sedalam yang aku sadari, selama ini aku tak pernah berjuang untuk sesuatu. Semua hal dengan mudahnya ku lepaskan dan ku ikhlaskan jika keadaan terasa sudah tidak memungkinkan untuk diperjuangkan, karena aku sadar bahwa segalanya terbatas, jadi tak mungkin semuanya aku perjuangkan agar tetap di sisiku, dan kurasa aku terlalu egois jika memaksakan semuanya tetap ada dalam genggaman ku.

Dan ketika aku menemukan sesuatu yang dirasa cukup pantas untuk diperjuangkan, aku dipaksa untuk melepaskannya, bgst emang. Padahal bersusah payah sudah aku mencari, entah berapa jauh jarak yg aku tempuh dan berapa lama waktu yang ku habiskan untuk menemukannya. Tapi yaa mau gimana lagi, kalo dianya ga mau diperjuangkan yaaa yaa udah, toh udah biasa jalan sendiri juga.

Dari semua itu aku belajar bahwa hidup itu harus selalu berjalan, entah ditemani ataupun sendiri, entah ramai ataupun sepi, dan benar bahwa tak ada yang benar-benar layak untuk diperjuangkan selain hidup itu sendiri.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x