Mohon tunggu...
Caesar Naibaho
Caesar Naibaho Mohon Tunggu... Guru - Membaca adalah kegemaran dan Menuliskan kembali dengan gaya bahasa sendiri. Keharusan

Pengajar yang masih perlu Belajar...

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Akhir Perjuangan Tim Asia, Jepang dan Korsel Gagal Lolos ke Babak 8 Besar Piala Dunia 2022

6 Desember 2022   03:57 Diperbarui: 6 Desember 2022   04:01 788
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Adu Penalty, Akhiri Perjalanan Manis Jepang. sumber:www.bolasport.com

Dua tim Asia masih mengasah asa melenggang ke babak perempat final Piala Dunia 2022 yang dilangsungkan di Qatar, Samurai Biru Jepang dan Negeri Gingseng Korea Selatan. Walau berat harus bersua dengan Kroasia dan Brazil, publik Asia masih berharap adanya keajaiban dan juga bola bundar yang tidak mengenal sudut untuk mengarah ke salah satu tim.

Namun mengingat lawan-lawan Jepang dan Korsel, tim-tim tangguh dan datang ke Qatar dengan pasukan terbaiknya, maka tak banyak yang berani menjagokan Korsel dan Jepang bakal melenggang mudah ke babak perempat final, karena harus bersua dengan Brazil dan Kroasia.

Ya nasib tim-tim Asia akhirnya pupus di babak 16 besar, Australia adalah tim pertama Asia yang harus angkat koper dari Qatar usai kalah tipis 1-2 dari Tanggo Argentina. Walau fans Argentina dibuat was-was dan dag-dig-dug oleh permainan terbuka tim Socceroos, namun satu gol dari gol bunuh diri Enzo Fernandez, tak mampu membangkitkan semangat anak asuh Graham Arnold untuk membalikkan papan skor dan keajaiban itupun tak ada untuk meloloskan negeri kanguru itu ke babak 8 besar.

Seperti saya saksikan sendiri di layar televisi, timnas Australia yang bermain di Ahmed bin Ali Stadium, Minggu (4/12/2022) dini hari WIB, sebenarnya pasukan Socceroo situ mampu mengimbangi permainan Messi dan kawan-kawan, walau sempat tertinggal satu gol dari mega bintang mereka, Leonel Messi, Australia sebenarnya dapat mengakhiri laga dengan kepala tegak hingga babak perpanjangan waktu dan penalty, namun blunder kiper Matt Ryan di babak kedua sangat merugikan tim. Pemain yang kini tengah membela FC Copenhagen itu terlalu lama membawa bola sehingga mampu diserobot oleh Julian Alvarez dan menceploskan bola dengan mudah.

Ya sudahlah, pertandingan telah usai dan Albiceleste yang lolos ke babak 8 besar bersua dengan Belanda yang juga berhasil memulangkan pasukan The Yanks, Amerika Serikat juga lewat pertandingan seru yang dimainkan di Stadion International Khalifa dengan skor akhir 3-1. Walau kalah, namun para pemain Amerika Serikat sangat beruntung karena masih dihuni oleh pemain-pemain muda yang mendapatkan pengalaman berharga sekelas Piala Dunia yang jadi modal untuk mengikuti turnamen-turnamen berikutnya.

Jepang Kalah dari Kroasia 

Asa untuk tim-tim Asia melenggang jauh dari sekedar babak 16 besar sangat membucah pada timnas Korea dan Jepang di Piala Dunia 2022 yang dilangsungkan di Qatar. Namun apa daya? Jepang yang begitu perkasa di fase penyisihan grup dengan kemenangan sensasional atas Jerman dan Spanyol, harus bersua dengan Kroasia.

Dan harapan itu sangat membuncah bahwa Jepang akan sanggup membuat sejarah lolos ke babak 8 besar, mengingat timnas yang ditukangi Hajime Moriyasu datang ke Qatar tak hanya membawa semangat saja, namun juga daya juang tinggi, skill para pemainnya yang sangat merata dan juga nafas dan adu body, otak dan taktik yang begitu mumpuni yang dimainkan oleh pasukan Samurai Biru semenjak pertandingan pembuka penyisihan Grup E.

Pasukan negeri matahari terbit itu mampu mengubah predikat peserta penggembira saja, menjadi tim kuda hitam yang harus disegani usai menjuarai Grup E dan menantang Kroasia, finalis Piala Dunia 2018 lalu di babak 8 besar. Ritsu Doan dan kawan-kawan dihadapkan pada pertandingan berat dan krusial, dan hasilnya?

Kroasia sangat menaruh hormat pada pasukan Hajime Moriyasu, itu dibuktikan dengan kata-kata pelatih Vatreni, julukan timnas Kroasia, Zlatko Dalic beberapa saat sebelum kick-off memperebutkan satu tiket ke babak 8 besar yang mengatakan bahwa anak buahnya akan sangat respek kepada para pemain Jepang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun