Mohon tunggu...
Caesar Naibaho
Caesar Naibaho Mohon Tunggu... Guru - Membaca adalah kegemaran dan Menuliskan kembali dengan gaya bahasa sendiri. Keharusan

Pengajar yang masih perlu Belajar...

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Suku Bunga Tabungan 0 Persen, Tetap Simpan Uang di Bank Bukan di Rumah

21 September 2022   08:40 Diperbarui: 21 September 2022   17:21 363 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi menabung di bank (Shutterstock/Pramata)

Bagai petir di siang bolong, begitu mendengar kabar buruk dan menjadi topil alias topik pilihan di Kompasiana, fenomena suku bunga tabungan 0 persen. Wah, bagaimana tak menjadi fenomena? Bisa dibayangkan bukan? Nabung di bank tanpa bunga tabungan? Sementara yang menjadi daya tarik nabung di bank selama ini, salah satunya tentunya dengan suku bunga yang menggiurkan, bukan?

Tentu saja, bahkan ada orang kaya yang benar-benar orang kaya, menikmati masa hidupnya atau sisa hari tuanya hanya dari suku bunga bank, tergantung dari jenis tabungan yang nasabah buat. 

Tabungan adalah jenis investasi jangka panjang yang tentunya sangat menguntungkan dengan berbagai jenis tawaran suku bunga yang menggiurkan.

Intinya, dari anak-anak kita sudah diajarkan menabung, dan menabung di bank sesuatu hal yang membuat uang kita aman dan kita juga nyaman dengan pilihan suku bunga, tergantung dari berapa banyaknya uang yang kita tabung. 

Menabung juga menjadi aktivitas yang selalu dinasihatkan oleh orangtua kepada kita secara turun temurun, bahkan sejak kecil ada orangtua yang sudah membuat tabungan anaknya dengan harapan si anak tinggal melanjutkan tabungan yang sudah dibuat oleh sang ayah atau orangtuanya.

Ada pengalaman menarik yang membiasakan saya untuk menabung di bank, selain tentunya bunga, juga keamanan uang kita dan juga keuntungan lainnya, seperti adanya voucher dan juga undian-undian dari bank.

Pengalaman paling tak terlupakan ketika tabungan saya yang tak seberapa itu, mendapatkan apresiasi dari bank, di mana nama saya menjadi salah satu pemenang undian yang bank lakukan. 

Itu kejadiannya di tahun 2014, padahal tabungan saya tak banyak. Yang paling tak lekang dari ingatan di awal tahun 2000, ada hadiah spesial, sepeda motor dari bank pemerintah. Padahal, tabungan ayah saya tak banyak, bahkan sudah terkuras karena harus digunakan untuk membayar berobat bapak dan juga uang kuliah kami anak-anaknya yang sedang kuliah.

Itulah yang membuat saya selalu bersemangat untuk menabung di bank, walau faktanya sekarang beberapa bank di Indonesia menetapkan suku bunga tabungan bisa mencapai 0 persen per tahun.

Jadi amsiong juga jika suku bunga tabungan mencapai 0 persen sementara kita juga ada biaya admin yang tak sedikit, tergantung dari jenis tabungan dan jenis-jenis sarana yang kita gunakan, misalnya pakai ATM atau tidak? Bisa-bisa tabungan kita terkuras hanya untuk membayar biaya admin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan