Mohon tunggu...
Agus Oloan
Agus Oloan Mohon Tunggu... Guru - Membaca adalah kegemaran dan Menuliskan kembali dengan gaya bahasa sendiri. Keharusan

Pengajar yang masih perlu Belajar...

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

2017, Dua Sosok Tangguh Indonesia

11 Januari 2018   21:40 Diperbarui: 11 Januari 2018   22:48 586 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
2017, Dua Sosok Tangguh Indonesia
Pak Jokowi, Berharap 2018 Percepatan Ekonomi dan Pemantapan SDM Indonesia yang berkualitas baik (sumber:www.ekon.go.id)

Tahun 2017 barusan kita lewati, selama 12 bulan tersebut begitu banyak peristiwa-peristiwa penting yang kita alami, baik sebagai pribadi, sebagai anggota keluarga, sebagai bagian dari komunitas, bagian dari pekerjaan, lingkungan masyarakat, hingga bagian dari bangsa dan negara Indonesia. Tahun 2017 seperti yang kita jalani, begitu banyak pertaruhan politik yang kita lihat berkembang dengan pesatnya.

Menuju era demokrasi Pancasila yang sebenarnya memang membutuhkan proses dan lika-liku perjalanan yang banyak menyita perhatian, tenaga, pemikiran, hingga munculnya berita-berita yang disetting seakan-akan benar, padahal isinya hoaxatau tidak benar samasekali!

Nah, hoax yang dibangun persis seperti berita yang sangat benar isinya yang intinya menyerang sosok-sosok tertentu di negeri kita sehingga banyak dikonsumsi oleh fihak-fihak tertentu, di-viral-kan hingga membangun opini jelek terhadap sosok tertentu inilah yang membuat suhu politik di negara kita bertambah runyam.

Tentunya tau kan siapa sosok-sosok yang sering diserang dengan berita-berita miring yang membuat suasana tegang di tahun 2017 yang lalu? Atau kita sedikit flasback ke belakang, dimana sejak tampuk pemerintahan dipegang oleh pak Jokowi yang tidak disangka-sangka bisa memenangkan pilpres 2014? Semenjak itu, kita mendapat berita-berita yang terkadang menyakitkan dan butuh waktu, juga kertas ber jilid-jilid apabila kita bahas lebih lanjut.

Ok, langsung saja siapa tokoh tangguh yang mampu tetap tegar berdiri walau diterpa berbagai isu, tetap lurus berjalan, bahkan berlari untuk melakukan yang terbaik bagi negeri ini, walau diserang dari berbagai lini. Sebenarnya sangat banyak, tetapi saya mengerucutkan tokoh tangguh negeri ini selama 2017 yang tetap tegar menghadapi segala tantangan dan rintangan kehidupan yang dilakukan oleh sekaumnya mereka. Siapa itu? Ini dia sosoknya!

Pertama, tentunya Pakde Jokowi

Begitu banyak tantangan yang harus dihadapi oleh pemimpin berbadan kurus ini. Dia mendapat begitu banyak cobaan. Sedikit kebelakang, semenjak berduet dengan Ahok di Pilgub DKI dan memulai pemerintahan dengan slogan "Jakarta Baru", duet Jokowi-Ahok mampu menyulap DKI menjadi ibukota yang bermartabat, bergengsi, disegani dunia karena tata kelola, baik itu sumber daya manusia-nya maupun infrastruktur yang dibangun dengan baik. Kurang-lebih tiga tahun memimpin Jakarta, Jokowi mampu memikat hati warga DKI hingga dengan rela walau berat hati melepaskan beliau menuju RI-1.

Walau banyak yang mencibir, ternyata Pak Jokowi yang berduet dengan Jusuff Kalla mampu menampilkan kejutan baru bagi wajah Indonesia selama lima tahun ke depan! Dengan mantapnya, beliau mematahkan segala opini-opini publik yang terlanjur dibangun untuk menjatuhkan beliau dengan slogan "Kerja..Kerja dan Kerja!". Slogan ini mendapat banyak respon, ada yang merespon negatif -- apalagi buat sekelompok orang yang nga suka kerja, tetapi hanya duduk manis dapat fee dari proyek -- pun bagi yang suka kerja keras, memaknai slogan pak Jokowi dengan penuh optimis.

Bahkan, slogan tersebut dijadikan lagu oleh Sambodo -- Komposer terkenal yang menciptakan lagu "Nurlela" dengan judul lagu yang hampir sama, "Kerjo, Kerjo, Kerjo". Bahkan Pak Jokowi sendiri menamai kabinet-nya yang berisi menteri-menteri pilihan dengan nama 'Kabinet Kerja'! dan hasilnya?

Bisa kita lihat sekarang! Pembangunan infrastruktur dimana-mana, pemerataan pembangunan dari Sabang hingga Merauke terjadi dengan baik! Sila ke-5 Pancasila, "Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia", benar-benar direalisasikan dengan baik! Dengan jiwa blusukan tanpa hentinya ke seluruh pelosok tanah air, selain untuk memastikan progress pembangunan infrastruktur, juga dengan melayani rakyat didaerah tersebut dengan progam dan cara yang lebih manusiawi yang membuat para haters beliau semakin kebakaran jenggot.

Bagi-bagi sertifikat tanah, berjalan ribuan meter ke arah acara, membaur dengan masyarakat, membagi-bagikan KIP, KIS, hingga sepeda dengan cara yang atraktif, bahkan baru-baru ini sudah membagi-bagi uang untuk modal usaha. "Startup, bisnisman, pemula-pemula juga perlu disuntik (modal), perlu dimotivasi, perlu didorong agar banyak lagi anak-anak muda masuk ke dunia usaha", ujar beliau saat memberikan sertifikat kompetensi di BBPLK, Bekasi, Jawa Barat (27/12/2017).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x