Digital

Kang Emil: Instagram adalah Jurnal Visual

10 Oktober 2018   13:54 Diperbarui: 10 Oktober 2018   14:03 131 0 0

H.  Mochamad Ridwan Kamil, gubernur Jawa Barat terpilih periode 2018-2023, atau yang lebih sering dipanggil kang Emil ini adalah salah satu politisi muda yang sukses menggunakan media sosial sebagai salah satu senjata utama dalam proses karir politik yang digeluti.  Bukan hanya digunakan sebagai media kampanye untuk menarik dukungan khususnya dari kaum milenial,  akan tetapi akun media sosial, khususnya Instagram kang Emil juga difungsikan sebagai jurnal visualnya sebagai gubernur,  dengan ini,  masyarakat dapat mengetahui apa saja yang dilakukan sang gubernur setiap harinya,  bahkan tak jarang kang Emil memberikan respon terhadap followers instagramnya yang bertanya ataupun sekedar bercanda. 

Dari postingan instagram hariannya kang Emil tak jarang menampilkan kegiatan rutin,  program kerja, menyuport produk lokal, sampai pada hal-hal substantif. 

Kebersamaan dengan keluarga terutama sang istri tercinta bu Atalia yang kerap di panggil "si cinta" ini sering membuat netizen iri,  kemesraan dan keharmonisan yang dipertunjukan oleh pasangan tersebut tak jarang dilampiri caption dengan nada menyindir para jomblo. 

Namun salah satu signifikansi media sosial khususnya instagram kang Emil menuai pujian manakala beliau mengajak seluruh follower nya untuk ikut membantu saudara sebangsa yang sedang tertimpa bencana,  beliau menggalang dana melalui platform kitabisa.com seperti pada saat banjir bandang Garut,  gempa Lombok,  tsunami Palu,  Donggala,  dan Sigi.  Tak jarang sumbangan pun terkumpul dalam waktu yang singkat dengan nominal lbih dari satu milyar. 

Agus Salim