Mohon tunggu...
Agus Puguh Santosa
Agus Puguh Santosa Mohon Tunggu... Guru Bahasa Indonesia

Menulis adalah jalan mengenal sesama dan semesta.

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

"Salus Populi Supreme Lex Esto"

7 Mei 2021   23:46 Diperbarui: 8 Mei 2021   00:03 404 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Salus Populi Supreme Lex Esto"
Fenomena Berbelanja di Pasar Pagi, Pasar Cempaka Banjarmasin (Sumber: https://apahabar.com/2020/04/bila-banjarmasin-di-psbb-hanya-dua-pasar-yang-buka)

Jika menghitung hari, Hari Raya Idul Fitri (Lebaran) akan jatuh pada tanggal 1 Syawal 1442 Hijriah atau 13 Mei 2021 nanti. Tak terasa hampir genap 1 bulan lamanya umat Islam menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan ini.

Tentu sudah menjadi tradisi di seantero Nusantara sejak dulu, bila Hari Raya Idul Fitri akan tiba, akan selalu dibarengi dengan tradisi belanja keluarga.

Baju baru biasanya menjadi salah satu pilihan utama yang banyak diburu di pasar-pasar rakyat hingga di pusat-pusat perbelanjaan yang ada.

Selain baju baru, aneka kue kering atau kue khas Lebaran juga menjadi pilihan kedua, yang biasanya tak pernah menghilang dari catatan pengeluaran keluarga.

Apakah Pandemi Menghapuskan Tradisi?

Saat pandemi Covid-19 merebak di Tanah Air, awalnya ditanggapi dengan kepanikan dan kekuatiran di kalangan masyarakat kita. Apalagi ketika menyaksikan berbagai tayangan video yang muncul di televisi maupun media jejaring sosial lainnya yang menggambarkan bagaimana korban berjatuhan di Wuhan, Cina.

Namun lambat laun, kepanikan dan ketakutan tersebut mulai berangsur-angsur berkurang. Pemerintah Republik Indonesia melalui berbagai lembaga terkait mulai mempromosikan protokol kesehatan sebagai salah satu cara untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 di lapangan.

Bahkan promosi tersebut juga dilakukan sendiri oleh Presiden Jokowi dengan menggandeng lembaga ataupun kelompok masyarakat. Seperti dirilis oleh VoA Indonesia, di mana Presiden Jokowi berkolaborasi dengan para seniman Tanah Air untuk mempromosikan protokol kesehatan kepada masyarakat luas.

Presiden juga tak henti-hentinya mengimbau kepada seluruh gubernur se-Indonesia agar terus-menerus mensosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat di daerahnya masing-masing.

Saat PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) digelar secara masif di banyak kota di Indonesia, juga selama bulan Ramadan 1441 lalu, rupanya tidak menghalangi niat sebagian masyarakat kita untuk pergi berbelanja dan berbondong-bondong menyerbu pasar-pasar maupun berbagai pusat perbelanjaan yang ada.

Bahkan sepertinya pemberitaan yang mengangkat fenomena adanya para pembeli yang panik setelah mengetahui kabar bahwa salah kasir di sebuah pusat perbelanjaan meninggal karena Covid-19, seperti dilansir tribunnews.com, tidak mengurangi animo berbelanja masyarakat pada umumnya menjelang Idul Fitri setahun kemarin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN