Mohon tunggu...
Agung Webe
Agung Webe Mohon Tunggu... Penulis - Penulis buku tema-tema pengembangan potensi diri

Buku baru saya: GOD | Novel baru saya: DEWA RUCI | Menulis bagi saya merupakan perjalanan mengukir sejarah yang akan diwariskan tanpa pernah punah. Profil lengkap saya di http://ruangdiri.com

Selanjutnya

Tutup

Money

Dibalik kemenangan Fatin Shidqia Juara X Factor Indonesia

25 Mei 2013   02:59 Diperbarui: 24 Juni 2015   13:04 5496
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

X Factor malam ini dimenangkan oleh Fatin Shidqia mengalahkan Novita dewi. Sejenak saya pribadi kaget dengan pilihan pemirsa yang akhirnya memenangkan Fatin. Bagi saya dari segi teknik menyanyi dan kualitas suara, maupun teknik panggung, Novita Dewi berada di atas Fatin. Namun kembali lagi, karena ini adalah pentas public, maka sebuah kesuksesan merupakan kerja sama yang hebat dan bukan hanya usaha individu semata.

Kita dapat mempelajari bersama untuk kita refleksikan dalam kegiatan marketing kita, apapun produk yang akan kita gulirkan. Setidaknya apabila kita dapat melihat Dibalik kemenangan Fatin Shidqia, maka kita melihat sebuah ‘cara masak’ dari para marketing hebat di belakangnya.

Pertanyaan pertama sebagai bahan dasar adonan adalah, “Bagaimana apabila dari pertama Fatin tidak mengenakan Jilbab?
Hal ini sangatlah penting dalam sebuah strategi penjualan, karena segmen pasar dan komunitas harus diperhitungkan. Para pengusung Fatin sangat menyadari emosi ini. Keluguannya, umurnya yang masih 19 tahun, dan mengenakan Jilbab merupakan potensi tersendiri sebagai sebuah ‘produk’ yang dapat dijadikan komoditas dari sebuah panggung hiburan.

Ini adalah sebuah kejelian dari kemampuan melihat kesempatan. Sekali lagi bahwa sukses adalah jalinan kerjasama. Artinya berbagai pihak yang mempunyai kepentingan dengan marketing sebuah produk harus bekerja sama untuk memunculkan keunikan dan suatu hal yang dapat dijadikan ‘icon’ oleh sebuah komunitas besar yang ada.

Bagi penikmat seni music secara individu sudah tentu akan memilih Novita Dewi dari segi kualitas suara. Namun sekali lagi, bahwa pentas ini adalah pentasmarket untuk sebuah goal penjualan dari para penjual yang mempunyai kepentingan masing-masing. Kita maklum, dan bagi saya pribadi mengakui bahwa kerja tim dalam kolaborasi untuk sebuah penjualan adalah kerjasama yang harus saling memahami kepentingannya.

Dalam sisi marketing, produk apa yang akan berhasil di pasar? Yaitu produk yang dapat mewakili emosi sebagian besar para penikmatnya. Dan juga mendorong cita-cita emosi yang selama ini belum muncul. Tentu saja kita tidak dapat mengesampingkan mutu didalamnya. Dan dalam diri Fatin, yah, kualitas atau mutu tersebut tidak jelek-jelek amat. Artinya masih dapat dipertanggung jawabkan.

Pembelajaran dari Dibalik kemenangan Fatin Shidqia malem ini dari pentas X factor Indonesia, bagi saya sangat berharga. Karena hal ini mengingatkan saya sendiri tentang bagaimana mengemas sebuah ‘produk’ untuk kita lempat ke pasar.
Pelajaran pertama adalah, pelajari emosi komunitas sebagai target segmen. Kemudian dorong cita-cita komunitas tersebut. Berikan apa yang menjadi keinginan dari pasar yang ada.
Kedua adalah, gunakan potensi-potensi yang dapat menarik atau menenggelamkan emosi pasar.

Untuk sebuah ‘produk’, Fatin Shidqia adalah produk yang berhasil! Karena dunia penjualan bukanlah dunia idealism. Dunia penjualan adalah dunia yang harus dapat melihat keinginan pasar dan memberikan apa yang diinginkan oleh pasar.

Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun