Mohon tunggu...
Agung Webe
Agung Webe Mohon Tunggu... Penulis - Penulis buku tema-tema pengembangan potensi diri

Buku baru saya: GOD | Novel baru saya: DEWA RUCI | Menulis bagi saya merupakan perjalanan mengukir sejarah yang akan diwariskan tanpa pernah punah. Profil lengkap saya di http://ruangdiri.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Meditasi Tidak Akan Dapat Mengusir Virus Covid-19

7 April 2020   04:40 Diperbarui: 7 April 2020   21:55 223
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
pic dari lifestyle.kompas.com

Anda boleh setuju dan boleh tidak dengan tulisan ini. Saya menuliskan ini bukan karena saya tidak setuju dengan meditasi masal yang punya tujuan untuk mengubah keadaan (apapun itu). Saya setuju karena hal itu adalah tindakan baik, setidaknya mengarahkan individu kepada 'diam' untuk tetap "stay at home" - Untuk tujuan mengubah keadaan di luar, yaitu dunia atau mengusir dan menghilangkan sebuah wabah, saya mempunyai pandangan berbeda. 

Saya mulai dengan kalimat ini: "Meditasi tidak dapat digunakan untuk melenyapkan virus Corona di muka bumi." 

Anda yang fanatik meditasi dan tidak setuju dengan paragraf di atas pasti akan menutup tulisan ini. Sebentar, saya lanjutkan dulu .... 

Saya tidak membicarakan tentang level energi bumi atau resonansi bumi yang diklaim dapat dinaikkan dengan meditasi bersama. Bagi saya, itu terlalu 'abstrak' dan sebagian hanya digunakan sebagai pembenaran tanpa ada efek action apapun terhadap lingkungan bumi ini. 

Artinya, kalau manusia mengharapkan lingkungan berubah atau wabah menyingkir hanya dengan level energi bumi dan resonansi bumi yang berubah, seharusnya hal itu terjadi tidak dalam waktu yang lama. Harapan untuk mengubah keadaan dengan tujuan menaikkan level energi bumi dan resonansi bumi (saya juga bingung, level yang mana dan resonansi yang mana) adalah seperti mimpi di siang bolong. 

Mereka yang bermeditasi dan mengharapkan keajaiban dari naiknya energi yang nantinya dapat menyelesaikan permasalahan lingkungan yang mengalami pandemi wabah, adalah sama dengan kaum beragama yang hanya menyerahkan urusan penyelesaian lingkungan kepada Tuhan.

Hal ini juga sama dengan keyakinan bahwa sebuah wabah dapat disingkirkan dengan suara-suara atau lantunan doa tertentu tanpa diri manusia itu sendiri melakukan apa-apa. 

Intinya, permasalahan apapun tidak akan dapat diselesaikan hanya dengan meditasi, berdoa, mengucap japa mantra dan kita tetap dengan perilaku yang sama dari sebelumnya. 

Meditasi adalah hal baik. Sama dengan berdoa kepada Tuhan, dan mengucap japa mantra. Namun jangan mengharap lingkungan berubah apabila kita tidak memulai perubahan dalam diri kita. Jangan berharap bahwa meditasi akan menghasilkan sebuah energi yang akan menyapu bersih semua kekotoran dan wabah di dunia. 

Lalu bagaimana agar meditasi dapat bekerja untuk mengubah lingkungan, termasuk melenyapkan wabah penyakit? 

Pertama, marilah kita menyadari bahwa meditasi merupakan salah satu cara untuk berjalan ke dalam diri dan melahirkan kesadaran diri yang nantinya menyebabkan perubahan-perubahan diri sendiri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun