Mohon tunggu...
Agung Webe
Agung Webe Mohon Tunggu... Menulis untuk belajar

Buku baru saya: KARMA YOGA | Novel baru saya: DEWA RUCI | Setiap tulisan yang saya posting akan saya edit seiring perkembangan dan perbaikan tulisan guna menambahkan hal yang kurang dari tulisan awal. 36 Buku yang sudah saya tulis dapat dilihat judul dan sinopsisnya di http://warungwebe.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Baca Artikel Ini Bila Ingin Jadi Penulis Buku yang Sukses

24 Oktober 2016   01:02 Diperbarui: 24 Oktober 2016   01:28 0 0 1 Mohon Tunggu...

Bagi penulis pemula, impiannya tentu saja bahwa nanti bukunya diterbitkan oleh penerbit besar, menjadi best seller dan terkenal! Sebelum ini saya sudah menulis artikel:“Apakah untung buku Anda diterbitkan oleh penerbit?” untuk itu silahkan baca juga.

Dulu, sebelum teknologi semaju sekarang, baik itu teknologi internet maupun sosial media, maka sangat mungkin harapan satu-satunya untuk menyebarluaskan sebuah tulisan dalam bentuk buku adalah lewat penerbit! Itu dulu, sebelum teknologi menjadi sangat maju seperti sekarang.

Hal ini sama seperti membuat kaos dengan sablon. Dulu, membuat kaos sablon harus minimal satu lusin, makin banyak makin murah, karena cetakan sablon harus dibuat filmnya dulu, warna sablon harus berganti-ganti dalam membuatnya. Kini dengan makin majunya teknologi maka sablon kaos bisa satu kaos dengan kualitas yang sangat istimewa! Konsumenpun tidak harus datang ke tempat sablon. Konsumen dapat memesan dari rumah lewat jaringan internet, bahkan men-desing sendiri cetakan kaosnya!

Hal ini juga terjadi dalam dunia penerbitan buku. Teknologi sudah sangat maju sehingga penerbit konvensional yang dikenal besar pada jaman dulu, tidak lagi menguasai pasar karena dengan kemajuan teknologi penerbitan buku dapat dilakukan dimana saja.

Lalu bagaimana dengan Distribusi?

Apabila masalahnya adalah buku ingin terpampang di toko buku yang Anda inginkan maka sekarang banyak distributor yang dapat diajak kerjasama. Media sosial dapat dipergunakan sebagai ajang penjualan dan iklan. Artinya memanfaatkan teknologi saat ini dapat untuk melakukan penjualan apapun juga.

Sekarang pertanyaan pada judul saya ulang kembali, ‘Apakah Anda ingin menjadi penulis yang sukses?

Bila jawabannya ya, dan bukan sekedar iseng menulis, maka pertama Anda harus memahami apa yang dinamakan momentum!

Momentum? Apa itu momentum?

Secara singkat demikian: Anda pernah memompa air sumur dengan pompa air yang digerakkan naik turun? Pertanyaannya adalah bisakah air keluar apabila Anda memompa beberapa kali, kemudian istirahat. Lalu pompa beberapa kali lagi dan istirahat kembali. Tentu saja tidak dapat bukan? Air akan keluar apabila Anda terus memompa tanpa berhenti. Artinya adalah memompa sampai air keluar.

Itulah momentum, yaitu sebuah tindakan yang terus menerus dilakukan sampai membuahkan hasil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x