Mohon tunggu...
Esdi A
Esdi A Mohon Tunggu... R Java

"Write Like Nobody Will Rate You!"

Selanjutnya

Tutup

Hukum Pilihan

Strategi Komunikasi Panik FPI, Video Rizieq Shihab Mengonfirmasi Kondisi Kesehatannya

21 November 2020   20:10 Diperbarui: 21 November 2020   20:44 1080 17 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Strategi Komunikasi Panik FPI, Video Rizieq Shihab Mengonfirmasi Kondisi Kesehatannya
M Rizieq Shihab mengenakan masker dan face shield dalam acara maulid (Screenshot youtube.com/ Front TV).

Jubir FPI Novel Bamukmin kirim video ke media Tempo (21/11) yang menunjukkan kondisi imam besar dalam kondisi segar bugar. Novel melakukan hal itu sebagai bantahan atas spekulasi bahwa sejumlah keluarga M Rizieq Shihab positif terinfeksi corona.

Hingga kemarin diketahui bahwa Satgas Covid melaporkan tiga klaster baru di Tebet, Megamendung, dan Petamburan. Puluhan peserta yang mengikuti acara Maulid Nabi di tiga tempat itu diuji swab dan hasilnya kurang lebih 77 orang reaktif. Di Petamburan tercatat ada 7 kasus di mana salah satunya adalah Lurah Petamburan Setiyanto.

Berkaitan dengan hal tersebut pihak panitia dan keluarga MRS diminta pula untuk uji swab, apalagi setelah 5 panitia penyelenggara acara tidak memenuhi permintaan klarifikasi dari Polri. Isu klaster Petamburan yang menimpa keluarga pimpina FPI semakin santer.

Dr Tirta, aktivis Covid-19 yang getol menyampaikan pentingnya protokol kesehatan, juga menyinggung soal uji swab ini.

Menurut Tirta, kondisi kesehatan Rizieq Shihab beralasan jika disebut rentan. Pertama karena baru pulang dari Saudi;  kedua, karena beberapa hari intens berinteraksi dalam kerumunan massa dalam sejumlah acara; kemudian ketiga, karena faktor usia. Oleh karena itu ia menyarankan agar keluarga petinggi FPI itu melakukan uji swab.

Tirta Mandhira, relawan Covid-19 (detik.com, 21/11/2020):

"Menurut saya, Pak Habib Rizieq faktor risikonya banyak loh. Ada lansia, beliau juga bepergian dari luar negeri, beliau juga kena dengan kerumunan. Harapannya, beliau juga Pak Habib Rizieq harus di-swab karena ini berkaitan dengan kesehatan Pak Habib." 

Kabar Rizieq Shihab sendiri dikatakan sedang dalam keadaan tidak fit pasca acara pernikahan dan maulid di Petamburan. Karena kondisi tersebut FPI menyatakan bahwa Rizieq tidak dapat memenuhi panggilan polisi untuk menyampaikan klarifikasi.

Soal klarifikasi ini yang kemudian akan menjadi hal yang merepotkan bagi pimpinan tertinggi FPI itu. Berarti ada dua Polda yang punya urusan permintaan klarifikasi acara dari yang bersangkutan.

Polda Metro Jaya sudah pasti memerlukan keterangan dari Rizieq karena klaster corona yang muncul di Petamburan dan Tebet berada di dalam wilayah yuridisnya. Sementara itu klaster Megamendung yang juga menyangkut aktivitas MRS lusa kemarin, berada di wilayah Polda Jabar.

Masing-masing sudah memeriksa pejabat pemprov. Tidak tanggung-tanggung Gubernur DKI Anies Baswedan dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil ikut terseret dan harus menjalani pemeriksaan pihak kepolisian.

Dari pihak Polda Metro dan Jabar sendiri sudah jatuh "korban". Kedua Kapolda dari daerah tersebut dicopot dan dimutasi pasca insiden kerumunan massa yang digelar FPI.

Yang dikabarkan akan memanggil MRS lebih dahulu adalah Polda Jabar. Humas Polda Jabar Kombes Erdi Adrimurlan Chaniago mengatakan kepada media bahwa pihaknya akan segera memanggil Rizieq untuk keperluan klarifikasi acara di Megamendung. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN