Mohon tunggu...
Esdi A
Esdi A Mohon Tunggu... R Java

"Write Like Nobody Will Rate You!"

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Tarik Tunai di Minimarket Jadi Mudah dengan Layanan Jaringan Prima

24 Juli 2019   13:07 Diperbarui: 24 Juli 2019   13:29 0 8 2 Mohon Tunggu...
Tarik Tunai di Minimarket Jadi Mudah dengan Layanan Jaringan Prima
Logo Jaringan Prima pada kartu debit (dokpri).

Saat ini terdapat 120.000 mesin ATM berlogo PRIMA di Indonesia yang memudahkan nasabah melakukan transaksi tarik  tunai, transfer antarbank, atau sekadar cek saldo. Melalui mesin ATM, nasabah dapat bertransaksi secara real time 24 jam penuh, tanpa jeda hari libur, dengan 80 mitra bank Prima ATM yang terhubung secara online.

Tanpa mesin ATM kita hanya bisa mengandalkan  kantor cabang bank yang beroperasi secara offline pada hari dan jam kerja saja. Betapa menderitanya ketika hal itu terjadi.  Saya pernah mengalami masalah tersebut ketika kehilangan dompet beserta kartu-kartu identitas dan kartu ATM di dalamnya.

Manfaat luar biasa tetapi jarang disadari ini merupakan salah satu terobosan yang dilakukan  Jaringan Prima, penyedia jasa switching payment milik PT Rintis Sejahtera (RINTIS).

Selain mengelola layanan transaksi melalui mesin ATM yang disebut Prima ATM tadi, Jaringan Prima juga memiliki  4 produk lain  yaitu: Prima Debit, Prima Payment Solution, Transaksi Internasional, dan Top-Up Uang Elektronik. Produk-produk Jaringan Prima tersebut bagi saya sudah menjadi partner utama dalam hampir semua urusan transaksi keuangan tanpa batasan waktu dan tempat.

Di antara 5 produk Jaringan Prima, yang paling sering saya gunakan adalah Prima Debit; layanan transaksi pembayaran non-tunai melalui mesin EDC.

Saat ini sudah terdapat 14 bank acquirer EDC dan 60 bank issuer yang terhubung dengan Prima Debit.  Jumlah jaringan EDC sendiri di Indonesia cukup fantastis: sekitar 1.200.000!  

Salah satu penyebab yang membuat saya beralih lebih sering menggunakan Prima Debit adalah kemudahan tarik  tunai di minimarket melalui mesin EDC. Setelah membayar belanjaan, top-up uang elektronik, isi pulsa dan kuota internet, biasanya saya melakukan tarik tunai untuk mengisi cadangan uang cash di dompet.

Pola ini bagi saya sangat cocok dan menyenangkan karena selain sangat menghemat waktu juga bisa mengurangi frekuensi penggunaan mesin ATM.

Pada awalnya saya kurang begitu berminat saat ditawari kasir untuk menarik uang secara tunai. Tetapi setelah dirasakan manfaatnya, ternyata layanan ini sangat bermanfaat.

Menggunakan ATM memang cukup praktis tetapi beberapa hal telah membuat saya lebih memilih tarik tunai melalui mesin EDC di minimarket.

Pengalaman kurang menyenangkan seperti kartu ATM tertelan atau tertahan cukup lama dalam mesin membuat saya khawatir dan ragu saat menggunakan mesin ATM. Apalagi di saat-saat kritis ketika dalam perjalanan atau sedang diburu waktu. Belum lagi antrian panjang, ATM error, atau mesin kehabisan uang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2