Mohon tunggu...
Esdi A
Esdi A Mohon Tunggu... R Java

"Write Like Nobody Will Rate You!"

Selanjutnya

Tutup

Analisis Artikel Utama

Pascapilpres 2019, Sandiaga Lebih Mungkin Merapat ke Istana

11 Maret 2019   02:59 Diperbarui: 15 Maret 2019   02:12 0 16 5 Mohon Tunggu...
Pascapilpres 2019, Sandiaga Lebih Mungkin Merapat ke Istana
Sandiaga Uno saat bertemu Jokowi di Aquatic Center pada perhelatan Asian Games 2018 (liputan6.com).

Sandi Uno sudah meraih pencapaian cukup tinggi dalam karier politik yang terhitung singkat, menjadi Wakil Gubernur DKI. Terlepas dari cara mendapatkannya.

Kini Sandi sedang berada pada tahap berikutnya untuk meraih jabatan yang lebih bergengsi, wakil presiden di negara terbesar se-Asia Tenggara.

Jika menang, Sandi sudah berada dalam trek yang benar untuk maju selangkah lagi menjadi Presiden RI. Mungkin setelah Prabowo lengser 2 periode, selambat-lambatnya. Bisa juga Prabowo ditikung di pilpres berikutnya, 2024.

Tetapi fakta yang dihadapi kubu 02 saat ini adalah, mereka sedang babak belur di mana-mana. Di semua front penting Prabowo-Sandi sedang kedodoran.

Jateng masih belum jelas kapan bisa direbut, sementara di Jabar Prabowo-Sandi malah kecolongan. Di DKI, Front Betawi Rempug (FBR) baru saja cabut ke kubu 01. Jangan tanya Banten, Jatim, dan Bali.

Hal ini tidak terlepas dari banyaknya blunder yang dilakukan, baik oleh pemain belakang maupun penyerang tim pemenangan mereka. Bahkan dalam kasus Ratna Sarumpaet dimana kesalahan fatal dilakukan secara berjamaah, terlihat pucuk-pucuk elite mereka begitu mudah diperdaya.

Tanpa blunder sekalipun, Koalisi Merah Putih tetap akan kesulitan untuk men-down grade prestasi rezim Jokowi. Dan yang harus diingat, Jokowi bersama JK posisinya jauh lebih lemah ketika mengikuti kontestasi Pilpres 2014 lalu, dan mereka berhasil keluar sebagai pemenang.

Jika Prabowo-Sandi benar-benar kalah pada Pilpres 2019, apa yang akan dilakukan Sandi?

Membaca perkembangan proses penentuan cawagub pengganti Sandi di DPRD DKI yang berlarut-larut, ada dugaan skenario Gerindra sedang menyelamatkan posisinya di pemerintahan.

Sandi mungkin balik jadi Wagub DKI lagi karena peraturan tidak melarang. Namun hal ini sudah dibantah Andre Rosiade, Wasekjen Gerindra.

Aspek kepantasan dalam berpolitik juga dikemukakan oleh pengamat politik Jerry Massie dari Indonesian Public Institute dan Titi Anggraini dari Perludem, Perhimpunan untuk Pemilu dan Demokrasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4