Mohon tunggu...
Agung Raharjo
Agung Raharjo Mohon Tunggu... Penulis bebas

Manusia pada umumnya.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Penulisan HUT RI yang Benar

15 Agustus 2020   10:26 Diperbarui: 15 Agustus 2020   11:22 131 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penulisan HUT RI yang Benar
Gubernur Jawa Tengah pada Upacara Peringatan Hari Jadi Prov. Jateng

Agustus. Bulan bersejarah bagi negara kita tercinta, Indonesia. Di bulan ini setelah melalui perjuangan yang panjang, pertempuran yang melelahkan dan banyak sekali pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa,  pada tanggal 17 kita akhirnya menjadi bangsa yang merdeka.

Bertempat di rumah hibah dari Faradj bin Said bin Awadh Martak di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat. Soekarno dengan didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta mendeklarasikan dimulainya perlawanan diplomatik dan bersenjata dari Revolusi Nasional Indonesia, yang berperang melawan pasukan Belanda dan warga sipil pro-Belanda, hingga Belanda secara resmi mengakui kemerdekaan Indonesia pada tahun 1949.

Hari itu peristiwa tersebut menjadi sejarah besar bagi bangsa Indonesia dan kita peringati setiap tahunnya. Hari besar yang dirayakan seluruh warga  dari Sabang sampai Merauke, dari kota sampai ke pelosok desa. Pemasangan bendera, umbul-umbul dan berbagai perlombaan digelar untuk menjaga semangat kemerdekaan dan persatuan tetap terjaga dalam diri setiap insan.

Perayaan hari kemerdekaan biasanya diikuti dengan berbagai ucapan baik secara lisan maupun tulisan pada berbagai kesempatan. Tapi sadarkah kita bahwa tidak sedikit dari sekian banyak ucapan yang masih kurang tepat dalam hal penulisan.

Dirgahayu merupakan kata serapan dari bahasa Sanskerta sebuah bahasa kesusastraan Hindu Kuno yang dipakai untuk mengucapkan selamat hari jadi. Maka dari itu jika ditulis Dirgahayu HUT RI adalah kurang sesuai karena bukan hari ulang tahunnya yang diberi selamat, melainkan RI. Maka penulisan yang tepat adalah, Dirgahayu RI.

Lalu bagaimana dengan HUT RI Ke-75?

Ke-75 adalah bilangan tingkat yang umumnya menerangkan kata yang sebelumnya. Yang ingin diterangkan dalam kalimat ini adalah Hari Ulang Tahun (HUT) bukan Republik Indonesia (RI). Oleh karena itu, penulisan HUT RI Ke-75 menjadi tidak tepat karena bukan RI-nya yang berjumlah 75 melainkan HUT-nya. Berdasarkan informasi di atas maka penulisan yang tepat adalah Hari Ulang Tahun Ke-75 Republik Indonesia atau HUT Ke-75 RI.

Nah demikian informasi singkat tentang penulisan HUT RI yang sesuai kaidah bahasa kita. Semoga bermanfaat, untuk Indonesia yang lebih merdeka dalam membaca dan bahasa. 

Dirgahayu Republik Indonesia.

VIDEO PILIHAN