Mohon tunggu...
Agung Pramono
Agung Pramono Mohon Tunggu... Guru - Guru dan penulis

Agung Pramono berprofesi sebagai guru. Hoby menulis, olah raga dan jalan-jalan

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Semangat Menulis Hilangkan Hambatannya

1 Oktober 2022   11:15 Diperbarui: 1 Oktober 2022   11:22 104 21 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Dalam kelas menulis, seorang narasumber hebat sedang menyampaikan materi tentang “ Menjadikan Menulis Sebagai sebuah Passion” yaitu Ibu Dra.Sugiastuti atau ibu Kanjeng. Karena saya belum tahu apa itu passion, maka saya sebagai peserta bertanya pada bu Kanjeng

“Ibu, mohon maaf, apa itu passion,? tanyaku pada beliau.

“Baik mas Arman, Passion adalah gairah besar untuk melakukan sesuatu yang disukai atau dianggap penting.” Jawaban bu Kanjeng sambal melangkah kepada peserta pelatihan. Ditatapnya semua peserta dan beliau melanjutkan penjelasannya.

Memang istilah passion ini sering didengar, tetapi pada praktiknya kurang dimengerti oleh kebanyakan kita. Seseorang yang memiliki passion maka akan mempunyai motivasi dan keinginan menulis yang lebih sehingga lebih bersemangat. Menurut beliau menulis sangat menyenangkan. Hingga hari ini profesi penulis adalah salah satu pekerjaan yang sangat dihormati dan dihargai di masyarakat karena kemampuan menulis dipandang sebagai indikator intelektualitas dan kematangan berpikir.

Sesungguhnya banyak diantara kita yang ingin menjadi penulis namun hanya sekian persen dari kita yang dapat mewujudkannya hal ini karena menulis belum dijadikan passion. Didalam hatinya belum ada perasaan antusias atau gembira saat menulis. Menulis masih dijadikan beban sehingga ide menulis tidak bisa dikeluarkan menjadi sebuah tulisan.

Kami peserta kelas menulis mendengarkan dengan seksama penjelasan ibu Kanjeng tersebut. Bagus peserta dari Kalimantan yang duduk di depan bagian kanan, menyela penjelasan narasumber dengan sebuah pertanyaan.

“Kendala apa, Bu yang dihadapi penulis sehingga dia selalu gagal untuk menulis dan belum menjadikan menulis sebagai passionnya?”

Baiklah saya jawab pertayaan mas Bagus. Ada beberapa kendala dan hambatan yang sering terjadi dan dihadapi untuk menulis antara lain:

1.  Merasa tidak berbakat menulis.

Banyak diantara kita tidak menulis dengan alasan tidak berbakat. Padahal menulis itu tidak perlu bakat. Asal kita punya semangat untuk menulis maka menulis menjadi mudah. Miliki komitmen, konsisten, banyak membaca, siapkan peralatan untuk mendukung menulis dan tentunya mulailah untuk menulis.

2.  Tidak memiliki ide.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan