Mohon tunggu...
Agung Pramono
Agung Pramono Mohon Tunggu... Guru - Guru dan penulis

Agung Pramono berprofesi sebagai guru. Hoby menulis, olah raga dan jalan-jalan

Selanjutnya

Tutup

Bola

10 Menit yang Menegangkan, Garuda Muda Menembus Asia

19 September 2022   22:35 Diperbarui: 19 September 2022   22:35 70 14 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Setelah gol kedua dari Vietnam yang di cetak Dinh Xuan Tien  pada menit 79 yang berarti Vietnam berbalik unggul 1-2. membuat saya sebagai suporter Indonesia kecewa dan berpikir Indonesia gagal mengalahkan Vietnam. Apalagi Vietnam memiliki pertahanan yang bagus dan waktu tinggal 10 menit waktu normal. Televisi pun hampir saya matikan karena peluang menang tipis.

Gelisah diri ini, sambil melihat ke arah televisi  hati mulai berdetak lebih kencang sambil terus berdoa agar timnas Garuda Muda menang. Karena ini peluang terbaik, bermain didepan suporter Indonesia.  Tentunya pemain ke-12 tidak tinggal diam dan terus memberikan semangat.

Kegelisahan saya berubah harapan tatkala pemain Indonesia Ferrari membayar kesalahan dengan menyeimbangkan  kedudukan menjadi 2-2 dimenit 82. Ferrari yang tadi melakukan gol bunuh diri, kali ini menjadi pencetak gol buat Indonesia. 

"Gooooool," teriakan saya memecahkan malam untuk menyemangati timnas Indonesia U20.

Asa itu semakin terbuka lebar ketika semangat anak-anak asuhan Sin Tae-yong semakin meningkat. Hal ini terbukti ketika pemain Garuda Muda Rabbani Tasnim mampu memasukkan bola ke gawang Vietnam pada menit 85.

"Goooool."sekali lagi teriakan saya membuat anak istri saya yang melihat pertandingan sepak bola timnas menjadi senang.

  Indonesia unggul 3-2 dan ini bertahan sampai selesainya pertandingan. Saya melihat wajah-wajah  gembira pemain timnas Indonesia dan tentunya semua rakyat Indonesia yang sudah lama menantikan kebangkitan sepak bola Indonesia.

Timnas IndonesiaU20  berhasil mengalahkan tim Vietnam U20 dengan skor 3-2 dan merebut tiket ke babak selanjutnya pada Kualifikasi Piala Asia U20 2023 pada pertandingan terakhir di group F yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya. Kedua tim bermain ngotot agar lolos ke piala Asia.

Sebelumnya kedua tim bermain imbang 0-0. Indonesia membuka kran gol pada menit 60 melalui tendangan Marcelino Ferdinand dan disamakan melalui gol bunuh diri pemain Indonesia Ferrari menit 69.  Vietnam Unggul menit 79 sebelum dibalas pemain Indonesia menit 82 dan 85.

Indonesia menjadi juara group dengan nilai sempurna 9 poin lolos ke Piala Asia U20 2023 di Uzbekistan. Kemenangan ini juga ditandai oleh kemenangan pelatih Indonesia Shin Tae-yong untuk pertama kalinya  melawan tim Vietnam baik dikelompok umur maupun senior. Sebelumnyanya empat kali kekalahan di derita Shin Tae-yong.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan