Mohon tunggu...
Agung Pramono
Agung Pramono Mohon Tunggu... Guru - Guru dan penulis

Agung Pramono berprofesi sebagai guru. Hoby menulis, olah raga dan jalan-jalan

Selanjutnya

Tutup

Love Pilihan

Ternyata Begini Cara Membina Keluarga Harmonis

8 September 2022   16:57 Diperbarui: 8 September 2022   21:52 66 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Love. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Prostooleh

Pagi yang  cerah  Pak Arman dan bu Wati tetangga sebelah sedang duduk-duduk di teras rumahnya. Saya yang lewat depan rumahnya melihat mereka berdua nampak harmonis kehidupannya. Memang membina keluarga keharmonisan rumah tangga akan berhasil tergantung dari penyesuaian antara kedua belah fihak dan bagaimana mengatasi kesulitan-kesulitan. 

Selama ini saya memperhatikan keduanya saling  memperhatikan:
1. Masing-masing tidak kehilangan individualitas.
2. Azaz berbagi bersama diterapkan seluas mungkin
3. Berusaha menjauhkan dan menghentikan kebiasaan atau cara yang tidak disenangi suami atau isteri
4. Setiap tindakan dan keputusan penting harus dibahas terlebih dahulu untuk memelihara kepercayaan dan kerjasama antar pasangan.
5. Setiap pasanga hendaknya menambah kebahagiaan pasangannya.

Karenanya dalam kehidupan rumah tangga, para anggota keluarga terutama suami istri harus menjaga dari hal yang membuat hilangnya cinta kasih tersebut.


1. Jagalah diri dari watak yang keras untuk menjaga keharmonisan dalam rumah tangga.

Bila suami mempunyai watak keras maka istri harus sabar dan mengutamakan kelembutan, sehingga watak yang keras tadi menjadi lebih lunak dan akhirnya saling mengerti satu samal lain. Begitu pula sebaliknya.

Bila suami memiliki watak keras dan dilawan dengan watak keras juga dari istri maka keharmonisan rumah tangga tidak akan terjaga dengan baik. Selalu saja ada perbedaan yang akan meruncingkan permasalahan.


2. Perlakukan orang lain dan keluarga dengan penuh perhatian dan menjaga dari perbuatan aniaya untuk menciptakan iklim yang harmonis.

Perlakukan suami atau istri dengan baik tentu akan mendapatkan balasan minimal sama. Jika suami pulang kerja nampak murung maka istri harus pandai memberikan perhatian kepada suami. Jika ada masalah beri masukan yang baik, jangan malah menyalahkan apa yang diperbuat suami. Begitu juga sebaliknya.


3. Jaga ucapan buruk agar anggota keluarga merasa aman dan tentran agar keluarga tetap harmonis.

Suami istri harus saling menjaga ucapan dari ucapan yang membuat sakit hati suami atau istri. Ucapkan yang baik-baik saja saat berkomunikasi antara suami dan istri

Keluarga  harmonis yang kita inginkan akan berhasil kalau landasan utama yang dipakai adalah agama.  Apabila suami istri dan anggota keluarga mempunyai pengetahuan agama yang baik insya Allah keluarga harmonis yang kita inginkan akan tercapai.

Tangsel/ 8 September 2022

Agung Pramono

Mohon tunggu...

Lihat Konten Love Selengkapnya
Lihat Love Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan