Mohon tunggu...
Agung Pramono
Agung Pramono Mohon Tunggu... Guru - Guru dan penulis

Agung Pramono berprofesi sebagai guru. Hoby menulis, olah raga dan jalan-jalan

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Tips Menghindari Sakit Saat Bepergian

6 September 2022   16:10 Diperbarui: 6 September 2022   16:12 90 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Kita sudah melewati masa pandemi. Mari tetap selalu menjaga kesehatan. Penting untuk kita selalu sehat dan bugar saat di rumah atau saat bepergian. Apabila kita bepergian entah itu ketempat wisata, pulang kampung, tugas kantor atau acara yang lain. 

Ketika sakit diperjalanan atau ditempat yang kita tuju sudah tentu jauh dari rumah. Hal ini sangat tidak mengenakkan apalagi saat masih di perjalanan. Tentunya kita repot untuk meminta bantuan karena kita belum tentu kenal dengan orang ditempat tersebut. Belum lagi urusan kita pasti akan terganggu dengan sakit yang kita derita.

Berikut tips untuk menghindari sakit saat bepergian:

Vaksin boster sebelum berangkat

Saat ini sudah ada beberapa persyaratan  saat bepergian agar kita sudah vaksin boster terlebih dahulu.  Apabila kita sudah vaksin boster maka akan lebih baik karena tubuh kita dikebalkan dahulu terhadap virus. Sebelum melakukan bepergian alangkah baiknya sebelumnya sudah melakukan vaksin boster

Lengkapi stok P3K dan obat-obatan

Jika kita suka berpergian terutama untuk acara yang diluar rumah semisal berkemah, mendaki atau bepergian yang lain maka cek ulang stok pertolongan pertama pada kecelakaan atau P3K dan obat-obatan. Sediakan obat-obatan di dalam tas untuk penyakit flu ringan, sakit kepala, diare,  mabuk perjalanan, demam dan nyeri. Untuk yang mempunyai penyakit khusus misalnya asma maka perlu disiapkan obat-obatan khusus.

Persedian air harus cukup

Selama bepergian pasti banyak energy yang dikeluarkan. Untuk menjaga dehidrasi dalam bepergian maka pastikan persediaan air yang cukup. Dehidrasi adalah masalah umum orang yang bepergian terutama bila kita ada acara berjalan kaki. Oleh karena itu sebelum air dalam botol habis lakukan isi ulang atau beli minuman yang baru.

Cukup tidur

Untuk mengimbangi kegiatan saat bepergian maka kita perlu istirahat atau tidur agar bisa memulihkan kembali tenaga yang terpakai saat bepergian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan