Mohon tunggu...
Agung Permana Putra
Agung Permana Putra Mohon Tunggu... saya mahasiswa komunikasi yang diharuskan menulisartikel di kompasiana untuk melengkapi beberapa tugas kuliah

hanya untuk orientasi tugas kuliah

Selanjutnya

Tutup

Travel

Goa Buniayu , Sensasi Berwisata yang Tidak Biasa

16 Mei 2019   11:10 Diperbarui: 16 Mei 2019   11:13 0 0 0 Mohon Tunggu...

Jawa Barat merupakan salah satu tempat yang memiliki banyak tempat-tempat wisata alam yang cukup eksotis dan menarik untuk di kunjungi. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang ke daerah ini, baik wisatawan dalam negeri maupun dari wisatawan luar negeri. Terdapat berbagai macam tempat yang dapat anda dan keluarga kunjungi, salah satu tempat yang memiliki pesona keindahan alam tersembunyi yang wajib anda kunjungi adalah Goa Buniayu. Berwisata ekstrem memasuki perut bumi? Anda harus mencobanya.

GoaBuniayu ini memiliki arti kecantikan yang tersembunyi dan berasal dari kata"Buni" yang berarti sembunyi dan "ayu" yang berarti cantik.Lokasi wisata ini terletak di Sukabumi, Jawa Barat. Bagi para warga sekitar,goa ini lebih dikenal dengan nama Goa Cipicung, karena lokasinya yang berada diCipicung. Berbeda dengan para penjelajah, goa ini lebih di kenal dengan namaGoa Siluman. And For Your Information, goaini pernah dijadikan lokasi syutting film "Si Buta Dari Goa Hantu",mungkin ini salah satu alasan kenapa goa ini disebut sebagai Goa Siluman.Namun, setelah dikelola oleh Perum Perhutani, goa ini berubah nama menjadiWisata Wana Goa Buniayu.

GoaBuniayu ini memiliki luas areal sekitar 10 hektar. Goa ini pertama kalidisusuri pada tahun 1982 oleh Ahli Goa Indonesia bersama penelusur dariFederasi Speologi Perancis, Goerge Robert dan kawan-kawan. Sampai saat initerdapat beberapa goa yang berhasil dipetakkan, diantaranya yaitu Goa Cipicung,Kumbang Lanang, Goa Nyangkut, Goa Adni, Goa Bibijilan, Goa Karsim, Goa Gede danmasih banyak lagi. Namun hanya Goa Buniayu inilah yang menjadi idaman parawisatawan karena memiliki keindahan ornamen yang alami, diantaranya terdapatstalaktit, stalakmit, flow stone, garundam, serta ornamen lain yang dapatmembuat kagum para wisatawan. Selain itu, saat akan menuju goa ini anda akandimanjakan dengan pemandangan dan pepohonan yang rindang serta menyejukkan.

Goaini memiliki tiga zona, yaitu zona terang, zona senja, dan zona gelap abadi.Pada zona terang, anda akan dimanjakan oleh berbagai ornamen menarik denganbentuk yang beragam. Selanjutnya anda akan mendapati zona senja, dimana padalokasi ini cahaya sudah mulai sulit masuk ke dalam. Kemudian pada zonaterakhir, zona gelap abadi. Sesuai dengan namanya, cahaya matahari sudah tidakterlihat lagi. Untuk itu anda disarankan menggunakan headlamp untuk memberikanpenerangan saat berada di zona ini

KONTEN MENARIK LAINNYA
x