Mohon tunggu...
Agung Nugroho
Agung Nugroho Mohon Tunggu... Enjoy my blog :)

Keep Learn

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Meningkatkan Kesuburan Program Kehamilan

16 Juni 2021   13:48 Diperbarui: 16 Juni 2021   14:39 132 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Meningkatkan Kesuburan Program Kehamilan
Sumber: www.bemomio.id

Kehadiran buah hati pasti sangat diidamkan oleh semua pasangan suami istri, akan tetapi bagaimana jika sudah lama menikah namun tidak kunjung dikaruniai buah hati?. Selain kita berserah diri kepada Allah, pastikan juga kita juga berikhtiar melakukan segala usaha untuk mewujudkannya. Banyak pasangan yang mengalami hal serupa dan itu disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurang suburnya sistem reproduksi baik pada suami maupun istri.

Tenang, hal tersebut bisa diatasi dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gizi seperti protein, zat besi, asam folat, dan mineral. Berikut 5 makanan yang cocok untuk meningkatkan kesuburan sistem reproduksi:

1. Madu Hutan

Madu dikenal sebagai obat dari berbagai macam penyakit. Hal itu terbukti karena ia memiliki banyak sekali kandungan gizinya. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat meningkatkan kesuburan baik pada pria maupun wanita. Madu hutan dapat meningkatkan hormon testosteron pada pria dan dapat meningkatkan kualitas sperma, selain itu kandungan zat besi, vitamin, dan antioksidannya juga bisa membantu meningkatkan kualitas sel telur dan memelihara kesehatan indung telur (ovarium). Glukosa dan fruktosa pada madu dapat membantu meningkatkan stamina pada tubuh.

Manfaat madu, antara lain:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh 
  • Baik untuk mengobati luka, memar, dan atau luka bakar ringan
  • Meredakan heartburn Ibu hamil 
  • Merangsang Produksi Hormon Seksual 
  • Menyeimbangkan kemampuan kelenjar seseorang
  • Dapat meningkatkan kualitas sperma dan Sel telur
  • Mengatur siklus menstruasi. Sesuai penelitian bagi perempuan yang berusaha untuk hamil, konsumsi madu dapat mengatur siklus menstruasi agar rutin dengan syarat mengonsumsi madu setiap hari

2. Minyak Zaitun

Sumber: www.bemomio.id
Sumber: www.bemomio.id

Minyak zaitun merupakan minyak yang kaya akan MUFA (Mono Unsaturated Fatty Acid) sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga sangat penting untuk kesehatan terutama untuk kesehatan jantung dan kolesterol dalam darah.

Manfaat Minyak zaitun:

  • Minyak zaitun membantu meningkatkan peluang kehamilan hingga 40 persen
  • Menstabilkan gula darah 
  • Mengurangi peradangan yang bisa berujung pada nyeri atau bahkan demam
  • Meningkatkan kesuburan pada wanita dan pria

3. Buah Zuriat

Sumber: www.bemomio.id
Sumber: www.bemomio.id
Buah zuriat (Hyphaene thebaica) merupakan buat asli Afrika yang tumbuh di sepanjang sungai Nil. Buah ini dipercaya dapat menyuburkan kandungan dan menyehatkan jantung. Buah zuriat ini mengandung banyak vitamin dan mineral di dalamnya, seperti vitamin B, kalium, natrium, kalsium, magnesium, dan fosfor. Selain itu, buah ini juga tinggi akan fenol dan flavonoid sehingga menjadikannya sebagai buah antioksidan dan antibakteri yang baik. Tingginya antioksidan dapat mengurangi produksi oksigen reaktif dalam tubuh yang dapat menyebabkan stres oksidatif. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x