Mohon tunggu...
Agung MSG
Agung MSG Mohon Tunggu... Insan Pembelajar

Insan Pembelajar yang senang mempelajari bidang Personal Development dan Operasional Management, serta penulis buku: Be A Rich Man (Pustaka Hidayah, 2004), Retail Risk Management in Detail (IMan, 2010), dan The Prophet Natural Curative Secret – Divinely, Scientifically and Naturally Tested and Proven (Nas Media Pustaka, 2022). Aktif mengajar di Komunitas E-Flock Indonesia di Indonesia, serta memberikan pelatihan online di Arab Saudi, Ghana, Kamboja, Qatar, dan Thailand. Agung juga dikenal sebagai penulis lepas di berbagai majalah internal perusahaan, blogger di Medium.com, dan penulis aktif di Kompasiana.com. Saat ini aktif memberikan pelatihan di berbagai asosiasi bisnis, kementerian, universitas, sekolah, hingga perusahaan publik di berbagai kesempatan, Agung MSG mengusung filosofi hidup untuk mengasihi, menyayangi, berbagi, dan berkarya mulia. @agungmsg #haiedumain email: agungmsg@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Seni Pilihan

Kriteria Logo Luar Biasa yang Membuat Merek Mendunia dan Berkesan Selamanya

9 Maret 2025   11:09 Diperbarui: 9 Maret 2025   11:07 211
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Logo hebat bukan hanya terlihat indah, tetapi juga bermakna, mudah diingat, dan bertahan selamanya.|Image: @agungmsg

Tiap goresan dalam sebuah logo adalah cerminan visi, identitas, dan nilai yang menghubungkan merek dengan dunia secara mendalam dan abadi.

Bagi para penikmat "seni" logo, logo jelas bukan sekadar gambar atau simbol. Ia adalah wajah dari sebuah merek. Juga identitas visual yang harus beresonansi kuat dengan audiens targetnya. Logo terbaik di dunia, tidak hanya menarik secara estetika, tetapi juga memiliki makna mendalam yang mampu menginspirasi dan membangun hubungan emosional dengan pelanggan. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas kriteria tertinggi yang menjadikan sebuah logo luar biasa. Tentu, dengan mengacu pada hasil riset, studi ilmiah, dan best practice dari perusahaan-perusahaan terkemuka di dunia.

Yuk, kita bahas apa saja kriteria itu:

1. Logo Harus Mencerminkan Identitas Target Pasar dan Relevan

Logo yang efektif harus memiliki relevansi yang tinggi dengan audiens yang dituju. Sebuah logo yang dirancang untuk merek mewah harus memberikan kesan eksklusif dan elegan, sementara logo startup teknologi perlu mencerminkan inovasi dan kemajuan. Logo juga harus sejalan dengan nilai-nilai inti dan tujuan merek agar dapat membangun koneksi emosional dengan konsumen.

Studi dari Harvard Business Review menunjukkan, bahwa logo yang memiliki keselarasan dengan industri dan audiensnya meningkatkan daya ingat merek hingga 80%. Selain itu, studi dari Journal of Brand Management menyatakan bahwa logo yang relevan secara strategis dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan memperkuat citra merek.

Contoh praktik terbaik ini, bisa kita temukan di Garuda Indonesia. Dengan simbol burung Garuda, logo ini melambangkan kebanggaan nasional, keagungan, dan kepercayaan. Logo ini tidak hanya mencerminkan identitas Indonesia tetapi juga memberikan kesan profesional dan elegan. Jadi, sangat relevan dengan industri penerbangan yang mengedepankan keandalan dan pelayanan kelas dunia.

2. Logo Tak Terlupakan karena Estetik & Unik

Logo yang luar biasa harus memiliki daya tarik visual yang kuat, mencerminkan identitas merek, serta memiliki elemen desain yang unik sehingga mudah dikenali dan diingat. Desain logo yang estetis dan khas dapat meningkatkan daya tarik merek, mempercepat asosiasi positif dalam benak konsumen, dan membedakan merek dari pesaingnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun