Mohon tunggu...
Agung MSG
Agung MSG Mohon Tunggu... Insan Pembelajar

Insan Pembelajar yang senang mempelajari bidang Personal Development dan Operasional Management, serta penulis buku: Be A Rich Man (Pustaka Hidayah, 2004), Retail Risk Management in Detail (IMan, 2010), dan The Prophet Natural Curative Secret – Divinely, Scientifically and Naturally Tested and Proven (Nas Media Pustaka, 2022). Aktif mengajar di Komunitas E-Flock Indonesia di Indonesia, serta memberikan pelatihan online di Arab Saudi, Ghana, Kamboja, Qatar, dan Thailand. Agung juga dikenal sebagai penulis lepas di berbagai majalah internal perusahaan, blogger di Medium.com, dan penulis aktif di Kompasiana.com. Saat ini aktif memberikan pelatihan di berbagai asosiasi bisnis, kementerian, universitas, sekolah, hingga perusahaan publik di berbagai kesempatan, Agung MSG mengusung filosofi hidup untuk mengasihi, menyayangi, berbagi, dan berkarya mulia. @agungmsg #haiedumain email: agungmsg@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Lapor Kapolres Cianjur: Serasa Jadi Kapolda dengan Layanan Real-Time!

4 Maret 2025   14:14 Diperbarui: 4 Maret 2025   14:21 913
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pelayanan yang cepat bukan sekadar harapan, tapi bukti kepedulian.|Foto: Siska

"Kepercayaan publik terhadap pelayanan tergantung pada bagaimana respons dan aksi nyata diberikan. Ketika birokrasi cepat, kepercayaan pun melekat."

Inovasi Layanan Publik yang Menginspirasi

Ketika berbicara tentang pelayanan publik yang cepat dan responsif, sering kali harapan kita berakhir dengan ekspektasi yang rendah. Namun, pengalaman saya baru-baru ini dengan layanan Hotline Lapor Kapolres Cianjur (LKC) justru sebaliknya -mematahkan stereotip, menghadirkan kepuasan, dan bahkan membuat saya merasa seperti seorang Kapolda yang menerima laporan real-time dari jajaran kepolisian.

Awal Mula Laporan: Sebuah Masalah Kecil yang Bisa Jadi Besar

Pagi itu, saya melaporkan ada sebuah mobil mogok yang terparkir sembarangan di depan rumah di Jl. KH Saleh, Selaeurih, Cianjur. Mobil tersebut menempati sekitar sepertiga bahu jalan, yang tentunya bisa membahayakan pengguna jalan lainnya. Menurut warga sekitar, mobil itu telah lama lebih dari seminggu terparkir dalam keadaan mogok, dan pemiliknya tidak diketahui.

Sebagai warga yang peduli dengan keselamatan lingkungan sekitar, saya langsung mencari solusi. Tanpa harus mendatangi kantor polisi, saya memutuskan untuk menghubungi layanan LKC melalui WhatsApp. Layanan yang senyatanya sudah diunggah akhir Januari 2022 ini, ternyata memberikan pengalaman yang luar biasa.

Respons Cepat dan Profesional

Tidak butuh waktu lama, dalam hitungan menit, saya menerima balasan dari LKC yang meminta saya untuk mengirimkan data: nama, alamat, dan keperluan. Namun karena laporan saya lengkap dan juga telah mengirimkan foto situasi di lokasi, saya tak perlu menulis ulang isian yang sudah disediakan LKC. Ya, saya sudah mengirimkan informasi yang LKC butuhkan. Tak lama setelah itu, pihak kepolisian menyatakan akan menindaklanjuti laporan saya.

Kecepatan respons ini mengingatkan saya pada layanan pelanggan kelas dunia, seperti yang diterapkan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Amazon atau Tesla, yang menitikberatkan kecepatan dan efisiensi dalam menangani keluhan pelanggan.

Koordinasi yang Efektif dan Transparan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun