Mohon tunggu...
Agung MSG
Agung MSG Mohon Tunggu... Wiraswasta - Selalu saja ada satu cara yang lebih baik, dan lebih baik lagi dengan berbagi

Hidup untuk mengasihi, menyayangi, berbagi, dan berkarya mulia. @agungmsg #haiedumain

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Menjadi Pemimpin yang Luar Biasa: Nilai-Nilai Utama Sebagai Dasar Kepemimpinan

23 Januari 2023   09:50 Diperbarui: 23 Januari 2023   10:15 219
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagaimana Menjadi Pemimpin Hebat dengan Nilai Inti yang Mulia, Kuat & Aplikatif | Image: freepik.com

Artikel ini akan membahas pentingnya memiliki nilai-nilai utama pribadi dalam mencapai kesuksesan. Nilai-nilai ini harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi acuan dalam pengambilan keputusan. Tanpa nilai-nilai utama yang kuat, kita akan terjebak dalam lingkaran tanpa tujuan seperti yang ditunjukkan dalam riset yang dilakukan oleh Jan Souman. Mari kita jelajahi lebih dalam tentang bagaimana nilai-nilai utama dapat membantu kita mencapai kesuksesan yang diinginkan.

Seringkali, saya berbagi dan berdiskusi dengan beberapa kolega dalam situasi yang berbeda. Semakin lama dan sering berbagi informasi dan diskusi tersebut, saya menemukan pola yang sama: ada sesuatu yang salah dengan "sesuatu" di organisasi mereka. Lebih parah lagi, dengan adanya visi dan misi organisasi, mereka merasa itu sudah cukup dan baik. Namun saat terjadi perubahan kepemimpinan, semua orang menjadi "siaga lagi".

Ironisnya, pola ini terus berulang. Setia pada pemimpin baru, selalu ada "ketegangan tersembunyi" di setiap karyawan, mulai dari tingkat bawah hingga garis depan.

Hal yang sama juga dialami oleh pemilik bisnis penyewaan kapal terbang untuk keperluan pemadaman hutan di beberapa wilayah di Indonesia. Keluh kesah tentang pekerjaan dan perilaku orang-orang yang dipercayainya, dan orang-orang di sekitarnya, memiliki pola yang sama. Mereka tidak membangun organisasi, usaha, atau bisnis mereka berdasarkan nilai-nilai utama (core values) yang kuat, luhur, mulia, dan diterapkan dalam kehidupan organisasi.

Jelas, ini tidak baik.

Nilai-Nilai Utama Pribadi (Personal Core Values)

Setiap orang pasti ingin mencapai kesuksesan dalam hidupnya. Namun, mencapai kesuksesan tidak selalu mudah. Ada saat-saat di mana kita merasa seperti terjebak dalam lingkaran tanpa tujuan.

Kisah tentang "ketegangan tersembunyi" dalam sebuah organisasi yang disebabkan oleh pergantian kepemimpinan, serta kisah dari seorang pemilik bisnis pemadaman kebakaran hutan, mengingatkan saya pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang ilmuwan Jerman bernama Jan Souman pada tahun 2009.

Dalam penelitian tersebut, ia mengambil sekelompok subjek ke tempat parkir kosong dan lapangan terbuka, menutup mata mereka, dan memberi mereka perintah untuk berjalan lurus. Beberapa dari mereka berhasil tetap berada di jalur selama 10 atau 20 langkah; sebagian kecil bertahan selama 50 atau seratus. Namun pada akhirnya, semua dari mereka terjebak kembali ke titik asal mereka.

Hal ini menunjukkan bahwa untuk mencapai kesuksesan, kita perlu memiliki nilai-nilai utama pribadi (personal core values) yang kuat sebagai dasar pengambilan keputusan kita dan sebagai acuan dalam menjalani hidup. Nilai-nilai utama ini harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan dijadikan sebagai contoh bagi orang lain. Tanpa nilai-nilai utama yang kuat, kita akan terjebak dalam lingkaran tanpa tujuan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun