Mohon tunggu...
agung marhaenis
agung marhaenis Mohon Tunggu... Administrasi - penulis

Pecinta kata, kopi, kuliner, dan kebun.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Artikel Utama

Keindahan Leuwi Hejo dan Leuwi Cibaliung: Cek Aktivitas, Jalur, dan Harga Tiketnya

7 Januari 2018   12:08 Diperbarui: 28 Juni 2022   00:24 4844
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Leuwi Cibaliung, salah satu leuwi terindah di jalur Leuwi Hejo. 

Kamu tinggal di Jabodetabek dan cari lokasi travelling yang seru tapi tidak terlalu jauh? Leuwi Hejo adalah jawabnya. Kalo gak percaya pegang gadgetmu sekarang dan buka browser lalu ketik kata kunci Leuwi Hejo. 

Pasti kamu akan mupeng. Itu yang terjadi pada saya ketika mendengar diskusi dua karyawan mini market yang ngobrol heboh banget setelah jalan-jalan ke Leuwi Hejo. Setelah saya browsing, saya langsung berpikir: saya harus jalan-jalan ke tempat ini.

Leuwi Hejo ternyata lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah saya, yaitu di daerah Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Tetanggaan dengan rumah saya yang terletak di Kecamatan Citeureup. 

Saya pun esok harinya langsung meluncur ke lokasi setelah tahu lokasi ini dan ternyata saya menyesal. Saya menyesal mengapa sangat terlambat tahu destinasi wisata yang jaraknya hanya 20 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu 30 menit. Tapi waktu itu setelah saya tanya kepada penjaga parkir, lokasi wisata ini memang belum terlalu lama dibuka.

Pertama, perlu saya terangkan dulu Leuwi Hejo itu tempat apaan. Nama Leuwi Hejo diambil darai Bahasa Suda. Leuwi artinya lubuk atau grojokan kalau orang Jawa bilang. Leuwi adalah cekungan di sebuah aliran sungai dan biasanya terdapat arus deras di atasnya. Sedangkan hejo artinya hijau. Leuwi Hejo adalah nama yang diberikan masyarakt untuk menggambarkan lubuk yang airnya berwarna hijau bening.

Apa saja yang bisa didapat bila jalan-jalan ke Leuwi Hejo? Berikut ini hal-hal amazing yang bisa kamu rasakan saat traveling ke Leuwi Hejo.

Renang di sungai sebening kaca

Berenang di sungai dengan air sebening kaca. 
Berenang di sungai dengan air sebening kaca. 

Pernahkan kamu melihat kaca dari sisi samping atau bagian tipisnya? Warna hijau bening itulah yang bisa ditemui di Leuwi Hejo. Air sungai Leuwi Hejo berwarna hijau, karena pengaruh lumut yang menempel di bebatuan dan kedalaman airnya. Untuk air di aliran yang dangkal warnanya bening seperti air mineral.

Ada banyak alternatif tempat berendam dan berenang di tempat ini selain Leuwi Hejo. Ada Leuwi Cepet, Leuwi Lieuk, dan Leuwi Cibaliung. Favorit saya adalah Leuwi Cibaliung. Mengapa jadi tempat favorit? Karena tempatnya masih sepi dan tidak banyak pengunjung. Hanya saja kita perlu perjuangan untuk sampai lokasi ini. Kita harus berjalan dengan jalur menanjak dengan waktu perjalanan sekitar 1,5-2 jam. Tergantung berapa sering kita beristirahat dan selfie-wefie.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun