Mohon tunggu...
Anak Agung Nyoman Lestari
Anak Agung Nyoman Lestari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Hobi membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Konfigurasi Elektron, [Harus Paham Sebelum Terlambat]

4 Oktober 2022   13:06 Diperbarui: 5 Oktober 2022   12:45 181 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

             Sebelumnya kita sudah membahas apa itu atom dan partikel-partikel yang menyusun atom, yaitu proton, neutron dan elektron. Nah pada bahasan ini kita akan lebih terfokus pada elektron. Apa dari kalian masih ingat apa itu elektron? Elektron merupakan partikel negatif dan memiliki jumlah yang sama dengan proton. Dari kata konfigurasi elektron, apakah kalian sudah tahu apa arti dari konfigurasi? Dalam KBBI konfigurasi memiliki arti kedudukan atom yang satu terhadap atom yang laun dalam molekul.

          Secara khusus konfigurasi elektron memiliki arti suatu susunan atau tatanan penggambaran yang menunjukan penempatan elektron dalam suatu atom. Susunan elektron-elektron yang membangun suatu atom berdasarkan atas kulit ataupun orbital. Setiap elektron yang mengelilingi inti atom, terdapat kulit-kulit atom yang memiliki tingkatan energi yang berbeda-beda. Lintasan atau kulit yang terletak paling dekat dengan inti atom, memiliki tingkat energi paling rendah, dan semakin jauh lintasan dari intinya semakin tinggi juga tingkat energinya, dan jumlah elektron yang bisa ditampung pada kulit-kulit tersebut semakin banyak. Tiap-tiap kulit elektron hanya bisa mengisi atau menempati maksimum 2n^2 elektron, dengan n merupakan nomor kulit yang membangun suatu atom. Berikut merupakan tabel hubungan nomor kulit dengan nama kulit dan jumlah elektron yang bisa diisi.

Nomor Kulit

Nama Kulit

Jumlah Elektron Maksimum

Rumus 2n^2

Jumlah

1

K

2 (1)^2

2e

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan