Mohon tunggu...
Agung Han
Agung Han Mohon Tunggu... Wiraswasta - Blogger Biasa

Part of #Commate'22-23 - KCI | Kompasianer of The Year 2019 | Fruitaholic oTY'18 | Wings Journalys Award' 16 | agungatv@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Berbagi di Jumat Berkah bareng Abang Tukang Kerupuk

8 Januari 2022   09:02 Diperbarui: 8 Januari 2022   10:45 425
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jumat pertama tahun 2022, saya menunaikan amanah donatur di kegiatan berbagi nasi. Adalah nasi kuning dibeli di warung langganan, kali ini dikolaborasikan dengan penjual kerupuk tuna netra. Penjual yang sudah saya tandai jauh hari, setiap pagi mangkal di depan warung batagor Ciputat.

Konsep ini (sebenarnya) bukan kali pertama saya lakukan, sebelumnya pernah dengan penjual nasi jinggo dan nasi uduk. Keduanya berjalan dengan baik dan lancar, dagangan si mbak laris dan lekas habisnya.

Khusus dengan abang tukang kerupuk ternyata berbeda, berjalan tidak sesuai yang diharapkan. Tak satupun kerupuk laku, saya terpaksa pamit dan membawa kotak nasinya.

-------  

Menggawangi kegiatan berbagi di komunitas, tak lepas dari naik turunnya semangat dan soal bertahan untuk konsisten. Terhitung bulan Januari ini, (tak terasa) sudah memasuki tahun kedua kegiatan dijalankan.

Berulang kali saya mengalami kesulitan, mengajak orang untuk menjadi donatur. Ajakan berbagi melalui status di medsos minim respon, padahal banyak memberi tanda like. Tetapi dari kejadian ini saya menyakini, bahwa kebaikan sejatinya akan menemukan jalannya sendiri. Dalam kondisi genting dan terdesak, nyatanya uluran tangan dermawan dan keajaiban itu datang.

Ada teman yang sekedar kenal di medsos, tiba-tiba mengirim pesan dan minta nomor rekening. Ada lagi mutualan di medsos berkenan transfer, padahal kami belum pernah bertegur sapa. Teman yang trasnfer saya cek beranda medsosnya, sangat jarang update status.

Pernah ada kejadian unik, ketika itu saya membuat vlog berbagi untuk lansia dhuafa. Saya kaget mendapati transfer dari luar negeri, uang sekitar 1,5 juta mendarat ke rekening. Tak lama kenalan mengabari, bahwa uang tersebut dari komunitas di negara yang beliau tinggali -- alhamdulillah.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Mendapati kejadian-kejadian tak dinyana, membuat semangat nyaris padam kembali menyala. Saya tertantang, membuat kegiatan berbagi menjadi lain. Tidak sekedar nasi diedarkan, dan atau dibagi-bagikan di sepanjang jalan kemudian selesai. Maka terpantiklah ide, berbagi sembari membantu orang sedang jualan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun