Mohon tunggu...
Agung Han
Agung Han Mohon Tunggu... Ordinary People

Kompasianer of The Year 2019 | Nomine Best in Spesific Interest Kompasianival' 19 | Admin Ketapels | IG @agunghan_ | agungatv@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Masjid Nabawi Masjid Klangenan Ati

30 April 2021   22:56 Diperbarui: 30 April 2021   23:03 479 6 2 Mohon Tunggu...

Kalau ditanya masjid favorit, maka jawab saya pasti Masjid "Nabawi".  Umat muslim mana tak kepingin , sholat di masjid yang di dalamnya ada makam baginda Nabi. Masjid Nabawi dengan Raudah-nya, konon adalah cukilan taman dari Syurga. Sebagai tempat mustajab, untuk melangitkan doa.

Sungguh, saya merasa beruntung. Telah diperkenankan mengunjungi masjid paling saya kangeni. Larut dan tunduk dalam khusyu sembahyang, berbaur dalam sholawat kepada Nabi junjungan.

 --------

Sebenarnya ada alasan, yang membuat saya terpesona dengan Masjid Nabawi. Menilik sejarah, saat Rasulullah tiba di kota (kala itu nama Madinah) Yastrib -- setelah hijrah dari Mekah.

Ketika itu masyarakat menyambut kedatangan Nabi, dan berebut agar rumahnya dijadikan tempat Nabi tinggal. Dan di sini Rasul tampak sangat bijaksana.

Demi menyenangkan semua orang, Nabi tidak mau memutuskan sendiri (akan tinggal di mana). Di hadapan semua yang hadir, Rasul melepaskan ontanya agar bebas berjalan. Di mana onta ini berhenti, maka di tempat tersebut Nabi Muhammad akan tinggal.

Dan benar saja, setelah binatang berpunuk ini berjalan tak lama kemudian duduk di satu tempat. Dan di tempat itulah kemudian dibangun rumah Kanjeng Nabi, satu area dengan masjid (kemudian dikenal dengan Masjid Nabawi).

Rumah Nabi sangat sederhana (silakan search), saya pernah melihat tiruannya (dalam bentuk maket) di sebuah pameran buku internasional. Pun masjidnya kala itu tak kalah sederhana, hal demikian menunjukkan kepribadian Beliau.

Masjid Nabawi menjadi satu dari tiga tempat mulia, selain Masjidil Haram Mekah dan Masjid Al Aqso Palestina. Sebegitu mulianya, tersebutkan dalam sebuah hadis.

Rasulullah bersabda, "Jaganlah (kalian) mengkhususkan melakukan perjalanan (jauh) kecuali menuju tiga masjid, (yaitu) Masjidil Haram (Mekah) Masjidku (Nabawi -- Madinah), dan Masjid al- Aqsha (Palestina).  

Madinah menjadi kota suci, banyak tonggak sejarah islam ada di kota ini. Mulai makam baqi, tempat para mujahid perang badar dikebumikan. Ada masjid Quba, Jabal Uhud, Masjid Miqat, Masjid Qiblatain dan masih banyak tempat bersejarah lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN