Mohon tunggu...
Agung Han
Agung Han Mohon Tunggu... Ordinary People

Kompasianer of The Year 2019 | Nomine Best in Spesific Interest Kompasianival' 19 | Admin Ketapels | IG agunghan_ | agungatv@gmail.com |

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Bersama Ketapels Menyesap Nikmatnya Kopi Asli Bali

21 Maret 2021   20:06 Diperbarui: 21 Maret 2021   20:29 131 4 0 Mohon Tunggu...

Kalian penggemar kopi, ada kabar gembira nih. Balico Cafe di daerah Gaplek Pondok Cabe Tangsel, sangat recommended untuk kalian kunjungi. Akhir pekan ini, Teman Ketapels berkesempatan mencicipi  seduhan kopi asal Pulau Dewata.

Ketapels bersua langsung dengan Bapak Ibak, selaku founder dan owner Rumah Salaka (Rusa) yang menaungi Balico Cafe. Berangkat dari kegemaran sang pendiri terhadap Kopi, maka tercetus ide mendirikan Cafe ini.

Tak tanggung-tanggung, Balico Cafe mendatangkan kopi jenis Arabica dari Kintamani dan Kopi Robusta dari Pupuan Bali. Satu lagi yang menurut saya unik, jenis Kopi tetangga Robusta dan Arabica adalah kopi dari rumah roasting lain.

Biji Kopi Robusta diambil dari kebun ownernya (dipanen bulan Juni- Juli- Agustus), sedangkan Arabica diambil dari petani kopi langsung. Setiap bulan rata-rata 25 kg kopi dengan kualitas teruji siap disajikan untuk konsumen.

Bagi kalian yang awam Kopi seperti saya, bisa menandai Robusta dari rasa yang kuat dan pahit nikmat. Sementara pada jenis arabica, selain lebih asam dan ada rasa yang tertinggal di indera pengecap.

Rasa pada kopi Arabica ada yang menakjubkan, yaitu bisa terkontaminasi dengan tanaman yang tumbuh di sekitar pohon kopi. Misal di sekitar kebun kopi terdapat perkebunan apel, maka akan di biji kopi akan terasa taste apel di dalamnya---unik ya.

Dan sore itu saya cukup exited, berkesempatan mencicipi Kopi Gungkak. Adalah kopi khas kakek-kakek di Bali, menyoal rasa dan aroma sangat mantap tak usah diragukan lagi. Sementara teman Ketapels yang lain, ada yang mencoba espresso, latte, ada juga Afogatto.

Pengelola  Balico Cafe cukup piawai berkreasi dengan nama-nama menu kopi yang unik, seperti Latte Nak Cenik, Latte DenAyu, Latte Gus Alit, Latte Bligung dan jenis latte yang lain.

kopi Gungkak - dokpri
kopi Gungkak - dokpri
Kopi Bali di Balico Cafe, selain dinikmati di tempat dengan sajian gelas kaca. Tersedia juga dalam kemasan botol ukuran 150 ml dan 250 ml, cocok dibawa sebagai bekal bepergian dengan kemasan praktis dinikmati dalam kondisi dingin.

Sementara bagi penggemar non kopi jangan gusar, kalian bisa memilih Thai Tea, Green Tea, Milk Shake, Teh Kopi, Teh Rasa, Teh Soda dan lain sebagainya. Tak hanya kopi lho, Balico Cafe menyediakan space untuk tenant, seperti stand dim sum, mie ayam, burger, sea food, nasi goreng, ketoprak dan aneka snack.

Kompasianer, lokasi Balico Cafe sangat strategis dan mudah dijangkau semua kendaraan. Dari perempatan gaplek berjarak sekira seratus meter, mengambil rute arah Lapangan Terbang Pondok Cabe.  Berdekatan dengan dua kampus ternama, cocok buat nongkrong tapi dengan memperhatikan protokol kesehatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN