Mohon tunggu...
Agung Han
Agung Han Mohon Tunggu... Wiraswasta - Blogger Biasa

Part of #Commate'22-23 - KCI | Kompasianer of The Year 2019 | Fruitaholic oTY'18 | Wings Journalys Award' 16 | agungatv@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Jangan Jadikan "Stay at Home" Alasan untuk Gendut!

7 April 2020   17:20 Diperbarui: 8 April 2020   23:27 488
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar oleh Michal Jarmoluk dari Pixabay

Kompasianer, setuju nggak dengan pendapat saya. Kalau sebagian kita, biasanya jengah kalau dikatakan gendut -- saya juga sih. Kata gendut, (menurut saya) seperti mengandung unsur bullying. Dan di telinga, rasanya gimana gitu.

Sementara itu, ada beberapa teman atau saudara. Yang malah pede dengan tubuh gendut dimiliki, kemudian dijadikan ciri khas dan muncul kelebihan bakatnya.

Bobot saya, saat ini (bisa dikatakan) naik turun. Sejauh ini,  saya selalu berusaha menahan diri, tidak mengonsumsi sembarang makanan. Saya sadar usia dan memprioritaskan kesehatan. Ternyata alasan ini, menjadi rem yang cukup ampuh.

Puncak kegendutan itu, pernah saya alami pada sekitar tahun 2016-an. Kala itu, saya pernah sakit dan sempat khawatir terkena stroke.

Ngemil itu wajar asal tidak berlebihan. Agar tidak berlebih bisa disiasati, dengan memilih jenis camilan (makan utama juga berlaku) yang banyak serat-dokpri
Ngemil itu wajar asal tidak berlebihan. Agar tidak berlebih bisa disiasati, dengan memilih jenis camilan (makan utama juga berlaku) yang banyak serat-dokpri
Diagnosa dokter, menyebutkan nama penyakit terindikasi di tubuh ini. Seketika itu, menjadi warning pada diri sendiri.

Kemudian nasehat ahli nutrisi, tentang mana asupan baik dan tidak baik bagi tubuh. Makanan apa yang sebaiknya dihindari, benar-benar saya terapkan demi kebaikan diri sendiri.

Keputusan itu, cukup manjur --- Bobot saya yang dulunya sekuintal itu, perlahan-lahan menyusut. Badan menjadi lebih enteng, kebiasaan pusing mereda dan jadwal kerokan sangat jarang ditunaikan.

Tapi tunggu dulu,  ujian untuk hidup sehat ternyata tidak berhenti sampai disitu. Ketekunan dan konsistensi, menjadi ujian yang paling berat.

Melihat makanan kesukaan, biasanya mulai kendor pertahanan. Kalau sedang datang rasa malas, olahraga rutin mulai ditinggalkan.

Apalagi hari hari belakangan, ketika gerakan stay at home sedang di galakkan. Maka kemalasan itu, seperti memanggil-manggil untuk dilakukan.

dokpri
dokpri

Jangan Jadikan "Stay at Home" Alasan untuk Gendut 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun