Agung Han
Agung Han wiraswasta

Menulislah & biarlah tulisanmu mengalir mengikuti nasibnya... (Buya Hamka) Follow me : Twitter/ IG @agunghan_ , FB; Agung Han Email ; agungatv@gmail.com Tulisan lain ada di www.sapadunia.com

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

"Assalamualaikum Calon Imam" Harapan Menikah Tanpa Pacaran

9 Mei 2018   21:06 Diperbarui: 9 Mei 2018   21:25 810 1 0
"Assalamualaikum Calon Imam" Harapan Menikah Tanpa Pacaran
Adegan film Assalamualaikum calon imam - Vinski Prod

Sejak boomingnya film "Ayat- ayat Cinta" menyusul "Ketika Cinta Bertasbih," semakin banyak film bertema Islami. Temanya tidak beranjak jauh, dari pernikahan melalui proses ta'aruf (alias tanpa pacaran seperti lazimnya anak mudah jaman sekarang). Menurut saya sebagai penikmat film, hal ini memang tidak ada yang salah, namun (sekali lagi menurut saya) kesan latah itu tetaplah nampak.

Termasuk film produksi "Vinski Production," berjudul "Assalamualaikum Calon Imam" yang tayang di bioskop pada 9 Mei 2018. Tema diangkat tentang harapan seorang gadis dan perjaka, akan menemukan jodohnya tanpa melalui proses pacaran. Diangkat dari novel yang berjudul sama dengan filmnya, kemudian ditulis skenarionya oleh Oka Aurora. Yang membuat unik film ini, selain mengedepankan tema religi digabungkan dengan dunia kedoteran.

Sinopsis :

Fisya (diperankan Natasya Rizky) , seorang mahasiswi calon apoteker, mendambakan seorang calon imam yang akan membimbingnya menjadi istri yang baik. Hal ini disebabkan, latar belakang kehidupan ayah -- yang seorang dokter -- dan ibunya yang tidak satu rumah, si ayah menikah lagi dan tinggal dengan istri muda. Bertemu dengan Alif (diperankan Miller Khan), seorang dokter muda pernah menjadi mahasiswa ayah Fisya.  

Dalam kondisi sakit yang payah, sang ayah ingin melihat Fisya menikah. Hingga akhirnya, menjelang maut, Fisya dan Alif  ijab kabul. Kehidupan rumah tangga  ternyata tidak semulus yang dibayangkan, Alif kerap dibuat cemburu dengan sikap Fisya. Kondisi rumah tangga muda ini semakin rumit, ketika mendapati Fisya terkena penyakit yang diderita sejak kecil.

Konflik antara fisha dan ayahnya, konflik fisya dengan suaminya, fisha dengan kakak dan kakak iparnya, menjadi ramuan dalam film ini.

adegan Assalamualaikum Calon Iman - Vinski Prod
adegan Assalamualaikum Calon Iman - Vinski Prod
-00o00-

Dari jalan cerita, memang saya tidak menyangka akan berbelok pada penyakit Fisha. Namun alurnya mirip sinetron, dimana si suami yang baik (tanpa cela) sempat salah paham dan akhirnya memaafkan.

Sederet artis muda yang ada di film ini ( Andi Arsyil, Hessel Steven, Reva Mustafa, Defwita Zumara) berada akting dengan sederet pemain senior (Keke Harun, Leroy Osmani, Reyna Ipeh) bisa jadi strategi menarik penonton.  Namun, kalau cerita yang disuguhkan cenderung flat, kok saya yakin kisah film ini tidak bakal viral (seperti Ayat Ayat Cinta 2)

Satu komponen, membuat film ini mengundang baper, adalah soundtrack yang membuat peonton terbawa suasana. Romantic Duo, Suby dan Ina, membawakan lagu 'Assalamualaikum Calon Iman' ' Cinta diuji' 'Duhai Cinta' dan 'Pinta Terakhir.'  Bagi Kompasianer yang penasaran, silakan saksikan di bioskop 9 Mei 2018. --salam-

Hadir di Screening Assalamualaikum Calon Imam- dokpri
Hadir di Screening Assalamualaikum Calon Imam- dokpri