Komponen Layanan Bimbingan KonselingLayanan bimbingan dan konseling merupakan program yang diadakan setiap Lembaga sekolah.
Layanan tersebut setiap sekolah memiliki perbedaan karena pelayanan konseling disesuaikan dengan permasalahan yang ada sehingga memiliki solusi yang berbeda pula tiap sekolah.
Namun secara global memiliki makna yang sama hanya pengaplikasiannya yang berbedaLayanan dasar bimbingan konseling adalah memberikan pengetahuan atau arahan dan tinjaun agar pelajar mampu berperilaku baik sesuai tata tertib yang ada di sekolah. Memiliki hubungan sosial baik dengan guru dan teman sebayanya tanpa membeda-bedakan atau mengkelas-kelaskan permasalahan setiap individunya seperti layanan bimbingan dasar dalam masalah sekolah atau kepentingan lainnya. Hala seperti ini adalah bentuk kedekatan antara guru BK kepada setiap peserta didik yang ada di sekolah tersebut.
Layanan responsive adalah layanan yang diberikan oleh guru BK secara khusus kepada individu yang memiliki masalah pada dirinya yang harus diselesaikan secara segera.
Permasalahan tersebut akan diketahui oleh guru BK jika peserta didik datang secara individu dan kemudian menceritakan masalahnya secara terus terang. Guru BK akan melakukan wawancara dan interview untuk mengetahui akar permasalahan tersebut. Selanjutnyya guru BK memberikan bantuan solusi yang efektif kepada peserta didik yang edang mendapat masalah.
Layanan perencanaan individual adalah pelayanan yang diberikan oleh guru BK untuk seluruh peserta didik yang ada di ssekolah tersebut untuk mengetahui potensi yang dimilikinya atau bakat-bakat yang masih terpendam dan memantau perkembangan diri mereka sendiri setiap harinya. Materi yang diberikan seputar Pendidikan, karir dan sosial.
Layanan dukungan system adalah suatu layanan dengan berbentuk kegiatan-kegiatan manajemen yang bertujuan untuk m halnya hubungan masyarakat denganemelihara, mengembangkan dan memantapkan program bimbingan secara menyeluruh dan lain sebagainya.
Layanan di atas adalah bentuk global kompenen layanan dasar yang diberikan oleh guru Bimbingan Konseling selaku konselor yang berada di suatu kompenen Lembaga sekolah. Sedangkan bentuk aplikasi dari kompenen layanan bimbingan konseling tersebut disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan sekolah utamanya sisswa selaku murid dari guru BK tersebut.