Mohon tunggu...
Agustina Pandiangan
Agustina Pandiangan Mohon Tunggu... Simple

Sedang berproses

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Penggunaan Parfum Berlebihan

19 April 2021   06:20 Diperbarui: 19 April 2021   06:21 125 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penggunaan Parfum Berlebihan
ilustrasi parfum. (Pixabay)

Sekarang ini prafum sangat dibutuhkan oleh berbagai kalangan khususnya kalangan anak muda. Parfum yang awalnya digunakan sebagai penyamar bau badan kini sudah beralih fungsi menjadi alat untuk meningkatkan status sosial seseorang. Semakin mahal atau semakin tinggi merek produk dari parfum yang digunakan maka semakin tinggi pula status sosial pemakainya. Lina teman saya sangat gemar dengan parfum. Ia suka menggunakan parfum yang wanginya lembut serta ber-merek. Bukan hanya untuk digunakan tapi ia juga hobby koleksi parfum. Saya pikir kenapa harus mengoleksi parfum? Bukankah dengan menggunakannya sudah cukup? Banyak efek negatif yang ditimbulkan oleh kegemaran yang berlebihan terhadap parfum, salah satunya ialah hedonisme.

Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Sikap hedonisme ini akan membuat kita cenderung egois – tidak lagi peduli dengan sesama, semakin meningkatnya perbedaan antara miskin dan kaya, menimbulkan persaaingan tidak sehat, dan masih banyak lagi dampak negatif yang ditimbulkan oleh hedonisme ini.

Selain itu, penggunaan parfum yang berlebihan akan membantu menipisnya lapisan ozon secara cepat. Ozon ialah senyawa kimia yang terdiri atas tiga atom oksigen. Di lapisan atmosfer yang rendah ia mengganggu kesehatan dan di lapisan atas atmosfer ia melindungi makhluk hidup dari sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari. Apabila kadar ozon di stratosfer berkurang, kadar sinar ultraviolet yang sampai ke bumi bertambah. Maka resiko untuk mengidap penyakit kanker kulit, katarak dan menurunnya kekebalan tubuh akan meningkat. Penurunan kadar ozon disebabkan karena rusaknya ozon oleh segolongan zat kimia yang disebut clorofuorocarbon yang banyak digunakan dalam industri dan kehidupan kita, seperti gas freon (pendingin AC dan lemari es), gas pendorong dalam aerosal (parfum, hairspray, dan zat racun hama) dan lainnya. Singkatnya, menipisnya lapisan ozon akan menyebabkan pemanasan global atau yang sering disebut dengan Global Warming. 

Mungkin anda pernah membayangkan berada di dalam mobil yang tertutup rapat pada siang hari. Sinar matahari dengan leluasa dapat memasuki ruangan mobil melalui kaca mobil, sehingga menyebabkan udara di dalam mobil menjadi lebih panas. Udara di dalam mobil menghangat, karena panas sinar matahari yang masuk tidak dapat leluasa keluar. Sehingga panas tersebut terperangkap di dalam mobil. Demikian halnya dengan pemanasan global. Matahari memancarkan radiasinya ke bumi menembus lapisan atmosfer bumi. Radiasi tersebut akan dipantulkan kembali ke angkasa, namun sebagian gelombang tersebut diserap oleh gas rumah kaca, yaitu CO2, CH4, N2O, HFCs dan SF4 yang berada di atmosfer. Ditambah lagi penggunaan gas pendorong dalam aerosal (parfum) yang menyebabkan atmosfer padat sehingga lapisan ozon pun menipis. Sebagai akibatnya gelombang tersebut terperangkap di dalam atmosfer bumi. Peristiwa ini terjadi berulang-ulang, sehingga menyebabkan suhu rata-rata di permukaan bumi meningkat.

Mungkin kita pernah membayangkan berapa juta ribu kalangan yang menggemari/mengkonsumsi parfum baik yang masih sewajarnya seperti anak-anak muda yang masih dibiayai orangtua maupun yang sudah berlebihan seperti selebritis, pengusaha yang menggemari parfum-parfum berkelas dan yang butuh bukan hanya secukupnya saja.. Semakin bayak orang menggunakan gas aerosal dalam parfum semakin menipis pula lapisan ozon dan membuka lebar pintu kehancuran untuk bumi.

Tulisan ini bukan untuk membuat kita secara drastis berhenti menggunakan parfum. Akan tetapi kita bisa mengurangi penggunaan parfum yang berlebihan karena kita tahu konsekuensi penggunaannya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x