Mohon tunggu...
Agni Shalha Ali
Agni Shalha Ali Mohon Tunggu... KKN COVID-19 UNS

KKN COVID-19 UNS

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mahasiswa KKN UNS Jawa Timur Melakukan Berbagai Usaha untuk Warga di Era Pandemi

8 Juli 2020   15:13 Diperbarui: 8 Juli 2020   21:26 7 0 0 Mohon Tunggu...

Pada 15 Mei-19 Juni 2020, Malang, telah dilaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret Era COVID-19 tepatnya di Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, Malang, Jawa Timur. Kegiatan tersebut merupakan program kerja Agni Shalha Ali selaku mahasiswa Universitas Sebelas Maret yang didampingi oleh Bapak Drajat Tri Kartono, M.Si selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

            Kegiatan tersebut merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan KKN yang diadakan akibat adanya masa pandemi COVID-19 sehingga kegiatan KKN pada tahun ini memiliki bentuk yang berbeda. Tujuan dari kegiatan KKN tersebut yaitu membantu meningkatkan pemahaman masyarakat terkait apa itu COVID-19, membantu meningkatkan perekonomian warga sekitar khususnya yang terdampak karena kondisi pandemi, dan penyediaan media pembelajaran daring bagi siswa yang masih kurang mampu untuk memenuhi standar pembelajaran online di sekolah-sekolah kawasan Kota Batu.

            Kegiatan tersebut terlaksana dengan menyebarkan poster edukasi melalui media sosial whatsapp dan twitter. Poster berisi materi mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan saat new normal, protokol kesehatan saat di luar rumah maupun saat baru tiba di rumah, dan bagaimana cara meningkatkan imunitas tubuh yang penting untuk menjaga kesehatan. Untuk program pendidikan, modul telah dibuat untuk media pembelajaran bagi siswa yang kurang mampu untuk menyesuaikan kebutuhan saat semua materi pembelajaran disampaikan secara daring. 

Selain itu dibuka sistem open donasi untuk menghimpun masyarakat sekitar yang memiliki harta berlebih untuk disalurkan kepada warga sekitar yang kurang mampu dengan bantuan berupa sembako. Peningkatan kesehatan juga digalakkan dengan memberikan flyer edukasi bagaimana membuat dan mencuci masker kain serta membagikan handsanitizer dan masker bagi warga yang membutuhkan.

            Dari program tersebut diharapkan masyarakat sudah mulai memahami pentingnya menggunakan masker, mencuci tangan, maupun upaya-upaya perlindungan kesehatan diri supaya terhindar dari COVID-19.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x