Mohon tunggu...
Ekonomi

Masih Jaman Bisnis Konvensional?

9 September 2015   00:06 Diperbarui: 9 September 2015   00:06 2324 2 0 Mohon Tunggu...

Di era modern saat ini, sering kali kita jumpai berbagai situs jual beli online atau sering dikenal dengan bisnis online. Maraknya bisnis online tersebut terjadi dikerenakan berkembangnya tingkat pengetahuan manusia serta berkembangnya teknologi yang membuat peluang usaha semakin besar. Namun tahukah Anda sebelum maraknya bisnis online, terdapat bisnis konvensional yang merupakan dasar dalam berbisnis.

Dalam beberapa hal terdapat perbedaan antara bisnis online dan bisnis konvensional, diantaranya

-Bisnis Online

Bisnis Online adalah kegiatan atau transaksi jual-beli yang dilakukan melalui media internet untuk mendapatkan keuntungan(uang).

Kelebihan dalam berbisnis online :

  1. Lingkup pemasarannya luas, tidak terbatas pada daerah sekitar.
  2. Dapat dipasarkan ke seluruh nusantara bahkan sampai ke luar negeri.
  3. Tidak memerlukan stok barang yang banyak / berlebih
  4. Dapat dilakukan dimanapun asalkan memiliki akses internet yang baik.
  5. Barang yang dipesan akan dibungkus rapi serta langsung diantarkan ke tempat tujuan.
  6. Tidak memerlukan modal yang besar.

Kekuranga dalam berbisnis online :

  1. Karena produk tidak dapat dilihat secara langsung, maka hasil pesanan menjadi kurang meyakinkan.
  2. Banyak situs bisnis online yang menipu konsumen sehingga konsumen harus lebih berhati-hati dalam memilih situs bekanja online.
  3. Dalam mengantarkan barang pesanan, terkadang beberapa situs bisnis online mengantar barang tidak tepat pada waktunya.

-Bisnis Konvensional

Bisnis Konvensional atau yang lebih sering dikenak dengan bisnis offline adalah kegiatan atau transaksi jual-beli yang dilakukan secara langsung, bertatap muka antara penjual dengan pembeli.

Kelebihan dalam bisnis konvensional :

  1. Pembeli langsung dapat melihat produk yang akan dibeli sehingga pembeli tidak merasa rahgu akan produk yang akan dibeli, pembeli juga dapat memilih produknya sendiri.
  2. Umumnya bisnis konvensional memiliki tempat atau kios sendiri sehingga pembeli dapat mengunjungi kios dan dapat secara langsung bertemu dnengan penjual.
  3. Memiliki banyak stok sehingga apabila sewaktu-waktu pembeli ingin membeli produk, mereka tidak perlu waktu yang lama untuk mendapatkan produk tersebut
  4. Terjamin, karena selain dapat melihat barang secara langsung, pembeli juga dapat mengetahui penjual secara langsung (face to face), sehingga tindakan penipuan minim terjadi.

Kekurangan dalam bisnis konvensional :

  1. Lingkup pemasarannya terbatas, jika ingin memperluas lingkup pemasaran, maka harus membuka cabang di berbagai daerah.
  2. Membutuhkan modal yang cukup besar karena biasanya bisnis konvensional memerlukan tempat untuk memasarkan produknya.
  3. Memerlukan banyak stok, ini juga berpengaruh terhadap modal yang dikeluarkan sehingga modal menjadi bertambah.
  4. Apabila pembeli ingin membeli barang, maka harus pergi ke toko tempat dijualnya barang tersebut.

Dari perbedaan di atas, dapat disimpulkan, bisnis mana yang lebih memberikan profit yang besar. Jika dilihat dari segi keuntungan, bisnis online lah yang lebih menguntungkan karena tidak memerlukan modal sewa tempat serta menghasilkan keuntungan yang dihasilkan dari penjualan juga besar. Namun jika dilihat dari segi keamanan dan mutu produk maka bisnis konvensional lah yang lebih unggul. Semakin maju dan berkembangnya teknologi saat ini maka akan dipastikan bisnis online akan semakin dijaga mutu dan keamanannya, sehingga kita tidak perlu lagi repot-repot pergi ke toko atau mall untuk berbelanja, cukup dengan melihat melalui gadget, memilih barang yang akan dibeli lalu membayarnya melalu transfer, mudah bukan? Ini membuat kita berpikir ulang untuk membuka bisnis konvensioanal. Masih jamankah bisnis konvensional ? :D

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
9 September 2015