Mohon tunggu...
Agnes RizkiAnanda
Agnes RizkiAnanda Mohon Tunggu... Sebagai tugas

Halo! saya mahasiswi Sekolah Vokasi IPB jurusan komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Sudah Majukah Tingkat Perekonomian Masyarakat Desa Sukaraja?

5 Maret 2019   09:34 Diperbarui: 5 Maret 2019   10:20 0 1 1 Mohon Tunggu...
Sudah Majukah Tingkat Perekonomian Masyarakat Desa Sukaraja?
Gambar : Adrianto(29) warga Desa Sukaraja | dok. pribadi

Kecamatan Sukaraja,Bogor - Desa Sukaraja yang terletak di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor merupakan salah satu desa yang tergolong maju di kawasan tersebut. Daerah ini memiliki masyarakat yang tingkat perekonomiannya masuk dalam kategori menengah ke atas.

Menurut narasumber yang dimintai informasi mengenai perkembangan ekonomi di Desa Sukaraja, menyebutkan bahwa masyarakat di daerah tersebut sudah memiliki pendapatan yang stabil tanpa ada kesenjangan sosial antara yang satu dengan yang lainnya.

Dalam kesehariannya,masyarakat di Desa Sukaraja bermata pencaharian sebagian besar sebagai pedagang/wirausaha. Mereka memiliki usaha-usaha dari kecil hingga menengah yang biasanya berada dikawasan rumah mereka masing-masing.

Masyarakat yang bermata pencaharian sebagai petani masih ada, walaupun jumlahnya hanya beberapa. Petani-petani tersebut memiliki perkebunan umbi-umbian seperti singkong, ubi, jagung, pisang dan lainnya yang hasilnya dijual langsung ke pasar terdekat. Masyarakat yang bekerja sebagai karyawan swasta pun banyak dengan pendapatan perbulannya diatas rata-rata.


Menurut informasi yang di dapat dari seorang warga di Desa Sukaraja bernama Adrianto (29),perekonomian di Desa Sukaraja tidak termasuk sulit dalam artian stabil. Masyarakatnya tidak ada yang masuk dalam golongan masyarakat bawah, dikarenakan pendapatan dan pengeluaran tiap-tiap keluarga disana sesuai tanpa kekurangan yang berkelanjutan. Masyarakat disana dapat dikatakan termasuk masyarakat yang maju, karena tingkat pengetahuan dan keterbukaan mereka cukup besar.

"Kalau masyarakat disini sih ngga ada ya yang terlalu kaya ataupun terlalu miskin, semua nya rata dan stabil. Jadi tidak ada yang timpang gitu," ujarnya. Selain tingkat perekonomian nya stabil, beberapa masyarakat Desa Sukaraja memiliki lahan tanah yang biasanya mereka manfaatkan untuk membuat beberapa kontrakan yang akan mereka sewakan. Menggarapkan tanah nya sebagai lahan pertanian pun terkadang menjadi pilihan mereka dengan meminta orang lain menggarap lahan tanah yang ada dengan hasil yang akan dibagi dua.(ara)