Mohon tunggu...
Agita KristinBarasa
Agita KristinBarasa Mohon Tunggu... Mahasiswi Ilmu Komunikasi

Particularly interested in the role of communication.

Selanjutnya

Tutup

Media

SEO dan SEM Sebagai Kunci Berhasil di Dunia Digital

27 September 2020   23:10 Diperbarui: 27 September 2020   23:17 59 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
SEO dan SEM Sebagai Kunci Berhasil di Dunia Digital
Matchcraft

Kemudahan yang ditawarkan era digital membuat setiap masyarakat bebas dalam menghasilkan karya tulisan ataupun website, Search Engine Optimization & Search Engine Marketing ialah tools penting untuk membuat karya tulisan/ website milik anda menjadi hasil pencarian pertama atas sebuah key message.

Pembentukkan karya tulisan, web ataupun sebuah laman di era digital sangatlah fleksibel, penulis diberikan peluang untuk sekreatif mungkin untuk menarik munat pembaca akan karya mereka. Pengaplikasian gambar, video, audio, frasa kalimat dan permainan kata akan menjadi ciri khas yang dimiliki masing-masing penulis dan meningkatkan performa mereka dibandingkan dengan karya tulisan milik orang lain.

Search Engine Optimization (SEO) 

Menurut Ebner dan Granitza dalam The SEO Book: The Way to Nr.1(2020), SEO Ialah sebuah tools yang memiliki fungsi untuk menetapkan laman atau website milik anda menjadi urutan pertama atau teratas di mesin pencarian akan sebuah key message yang dicari oleh pengguna lainnya. Dalam penggunaan SEO, Kualitas rekomendasi dan On Page Optimization adalah poin penting yang diperhatikan dalam setiap web ataupun laman yang terdaftar.

Search Engine Marketing (SEM)

Cara yang ditawarkan oleh SEM ialah bidding atau kompetisi lelang dengan semua web atau laman yang memiliki key message yang sama. Oleh karena itu SEM dan SEO berbeda, jika SEM merupakan sistem yang berbayar, setiap pengguna atau pemilik web dan laman memiliki skor tinggi akan kompetesi itu, mereka juga harus memiliki quality score atau kualitas akan web dan laman yang mereka publikasikan. (Halim, dkk, 2020).

Hal-hal yang akan menjadi poin penting/ tips SEO dalam menyusun sebuah laman atau web:

1. Kualitas Konten & Target Audiens

Menjadi poin penting bagi semua web dan laman memiliki kualitas akan informasi dan penggunaan kalimat yang mereka terapkan untuk bersaing dengan karya penulisan atau laman lainnya. Menentukan target audiens akan berita yang akan dipublikasikan menentukan kualitas penulisan, sehingga tepat sasaran dan efektif.

2. Key Message Sebagai Poin Utama

On Page Optimization harus menjadi suatu hal yang diperhatikan oleh setiap penulis, memilih kata kunci yang tepat akan memudahkan sistem untuk mengurutkan laman yang akan dipublikasikan dapat diakses oleh pembaca apabila dicari menggunakan key message yang tepat dan sama.

3. Permalink

Bagian yang mengharuskan penulis menyusun link atau URL yang akan mengarahkan pembaca akan sebuah konten atau laman yang sesuai dengan key message yang dicari. Dengan mengatur struktur permalink dengan tepat dan efektif maka akan mengoptimalkan mesin pencari laman menautkan laman dengan key message domain.

4. Title Tag

Hal yang menjadi poin utama dilihat oleh pembaca, ialah judul halaman yang sesuai atau tidak akan informasi yang mereka ingin dapatkan, dan ada beberapa poin penting di dalamnya:

  • Aplikasikan kata yang eye catching sebagai judul laman
  • Maksimal kata 70 karakter
  • Judul ialah poin atau kunci utama dari infromasi di dalam laman tersebut

5. Meta Description

Merancang rangkuman yang mengidentifikasikan pesan akan informasi dalam sebuah laman menjadi suatu hal yang memengaruhi ketertarikan pembaca akan laman tersbeut. Kepandaian penulis merangkum informasi dan mengembangkannya menjadi menarik dengan permainan kata dan sesuai dengan target audiens akan menjadi poin tambahan untuk meningkatkan kualitas laman.

6. Heading Tag

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x