Mohon tunggu...
Agita KristinBarasa
Agita KristinBarasa Mohon Tunggu... Mahasiswi Ilmu Komunikasi

Particularly interested in the role of communication.

Selanjutnya

Tutup

Media

Media Digital Vs Media Analog

13 September 2020   21:30 Diperbarui: 13 September 2020   21:34 70 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Media Digital Vs Media Analog
99designs.com/blog

Diantara Media Analog (majalah, koran cetak, tape, rekaman, dll) dan Media Digital tentu memiliki perbedaan baik dalam proses dan konsep penting di dalamnya, berikut ialah beberapa peran yang memengaruhi segi Kualitas dalam penulisan (Carroll, 2010):

1. Komunikator Pesan

Tidak sedikit penulis yang gagal menyampaikan pesannya dalam media digital. Penulis yang terampil ialah mereka yang mampu mengemas berita atau pesan dengan lucu, menarik, provokatif dan mendalam.

2. Penyelenggara Informasi

Penulis perlu memilah mana informasi yang penting dan tidak penting untuk dibagikan.

3. Penerjemah (Pesan harus sesuai/ tepat dengan medium).

Diiringi dengan kemudahan dalam mengakses internet serta penyebaran berita, keinginan pembaca pun juga bertambah, kebutuhan akan berita atau informasi yang berkualitas dengan adanya foto, audio, video, game, grafik, dan film flas menjadi tuntutan pembaca ke media saat ini.

Setiap konten yang dipublikasikan juga wajib untuk dievaluasi, baik itu diperbaharui ataupun dikurangi sesuai dengan tema, waktu dan kebaharuan di dunia penulisan. Dalam penerbitan Web, mereka membutuhkan biaya tambahan untuk percetakkan, sedangkan di dunia digital membutuhkan biaya tersebut untuk permainan warna yang variatif di konten web mereka.

Kredibilitas

Dengan kemudahan dalam mengakses segala hal, membuat Kredibilitas menjadi hal yang paling urgent di setiap halaman Web Penulis. Kredibilitas menjadi poin penting yang perlu dibangun, dipertahankan dan dijunjung tinggi di setiap bentuk media.

Semakin banyak orang yang mengakses informasi dari halam web cenderung memiliki pemikiran bahwa “informasi yang mereka cari, mendukung pandangan mereka dan menganggap informasi yang mereka terima itu sangat kredibel”.

Bias

Kredibilitas memiliki kaitan dengan bias, di mana para jurnalis blogging biasanya memasukkan perspektif mereka ke dalam blog yang dipublikasiikan. Hal objektivitas itu tentu menjadi ‘kebohongan’ dalam profesi jurnalis yang mereka miliki.

Identifikasi

Dalam tulisan blog, identifikasi ialah sebuah proses di mana penulis mempersuasi publiknya. Apabila dalam komuniaksi lisan, identifikasi bisa dilakukan dengan menggunakan nada suara, isyarat, sikap dan gerak tubuh, akan tetapi di blog, penulis dapat menambahkan ekspresi melalui suara-suara yang menarik dan memiliki korelasi dengan konsep penulisan.

Transparasi

Baik dalam media analog dan media digital, transparasi penulisan perlu menjadi urgensi bagi setiap penulis, bagaimana mereka memberikan fakta mengenai keputusan yang diambil, metode, nilai-nilai dan bagaimana mereka beroperasi begitu juga dengan institusi di mana ia bekerja.

Akuntabilitas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x