Mohon tunggu...
Agita KristinBarasa
Agita KristinBarasa Mohon Tunggu... Mahasiswi Ilmu Komunikasi

Particularly interested in the role of communication.

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Yuk Ketahui Prinsip-prinsip Penting dalam Penulisan Online/Digital

6 September 2020   15:02 Diperbarui: 6 September 2020   15:22 70 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yuk Ketahui Prinsip-prinsip Penting dalam Penulisan Online/Digital
shutterstock.com

Penulisan digital mengharuskan masyarakat untuk memiliki hardskill & softskill untuk dapat menghasilkan karya tulisan yang diminati oleh pembaca, bersiap pula dengan perubahan dinamika digital di sekitarnya, menulis juga bukan sekadar membagikan informasi, akan tetapi perlu adanya kolaborasi imajinasi, perspektif dan perasaan untuk berbagi dengan tulus.


Menurut Carroll (2010), Prinsip Penulisan yang baik dimulai dengan “Keinginan” yang sungguh-sungguh, serta mengikuti prinsip penulisan yang seperti berikut ini:

1. Jelas & Ringkas

Pangkas penggunaan kata-kata yang bertele-tele, gunakan kalimat yang langsung menjerumus pada inti pesan yang ingin disampaikan kepada target audiens.

  • Judul yang jelas
  • Gunakan Sub Headline
  • Penekanan kata-kata yang penting dengan Bold dan Italic

2. Gunakan Kata yang Tepat

Dalam merangkai kalimat, penulis juga diharuskan untuk mengetahui kata-kata yang tepat, agar tidak memunculkan peluang “multi makna” kata yang digunakan ialah makna atau pesan yang disampaikan, tidak lebih dan tidak kurang.

3. Imajinatif & Kreatif

Bentuk sebuah karya tulisan digital yang baru dan fresh, yang bahkan audiens tidak pernah terpikir akan konsep penulisan seperti itu. Hal ini juga akan meningkatkan minat pembaca akan tulisan tersebut.

  • Bisa menambahkan ilustrasi Visual yang Berkualitas Tinggi dan Relevan
  • Listing
  • Paragraf Pendek (Hindari kalimat yang bertumpuk atau terlalu banyak di satu sisi)

4. Bersikap Konsisten

Setiap struktur dan gaya penulisan yang sudah dibentuk di awal, kiranya dapat dipertahankan di setiap karya penulisan digital yang dibentuk, hal itu akan menjadi ciri khas penulis tersendiri.

Saat memulai proses penulisan di era digital, penting menuangkan setiap ide yang terpikirkan ke dalam kata-kata, dan berikut ialah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mempermudah kegiatan menulis secara digital:

1. Tentukan Tujuan Penulisan untuk apa? (Ide Utama)

  • Brainstorm (tulis dan rangkum setiap ide dan konsep yang terpikirkan)
  • Cluster (Urutkan ide dari yang paling mikro ke makro, atau ke ide umum dan ide-ide yang terkait dan saling berhubungan dan mendukung jalannya penulisan tersebut.)
  • Tulis Poin Penting (hal-hal yang perlu dilakukan di awal, di tengah, akhir, dan beberapa hal yang tidak boleh dilakukan.)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x