Mohon tunggu...
Agita KristinBarasa
Agita KristinBarasa Mohon Tunggu... Mahasiswi Ilmu Komunikasi

Particularly interested in the role of communication.

Selanjutnya

Tutup

Digital

Pentingnya Penulisan Digital

30 Agustus 2020   18:05 Diperbarui: 30 Agustus 2020   18:02 63 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Penulisan Digital
(https://ruangmuda.com/5-digital-skills-yang-wajib-kamu-punya-untuk-bersaing-di-era-globalisasi/ )

Dalam sebuah penulisan, yang memiliki peran penting di dalamnya ialah campuran antara ide, tema dan perangkaian kata-kata untuk menyampaikan pesan kepada target yang dituju. Akan tetapi seiring berkembangnya teknologi dan munculnya dunia digital, menambahkan peran desain multimedia yang menjadi poin penting pula dalam dunia penulisan. 

Walaupun kegiatan menulis tetap menjadi salah satu alat yang penting untuk memulai sebuah tindakan sosial dari masa dahulu hingga kini, akan tetapi ada perubahan yang terjadi dalam proses penulisan di era digital saat ini, dengan adanya kolaborasi antara penulis dengan teknologi serta didukung dengan kebebasan dalam penggunaan internet, menghasilkan sebuah ruang yang luas bagi setiap masyarakat untuk mengonsumsi, memproduksi atau bahkan mendistribusi sebuah tulisan. Oleh karena itu penting bagi setiap penulis untuk mengembangkan bakatnya dan peka akan perkembangan teknologi di era digital ini.

Kemudahan dalam Menyebarluaskan Tulisan di Kalangan Masyarakat dengan Skala Besar

Penulisan yang menggunakan peran teknologi di dalamnya membantu penulis dalam hal mendistribusikan karya tulisan yang dihasilkan, dengan tidak adanya keterbatasan dalam pengaksesan media, ataupun internet, memudahkan setiap penulis untuk menyebarluaskan hasil karyanya kapanpun dan di manapun. Hal itu juga memberikan dampak positif bagi semua masyarakat, bahwa dengan adanya internet dan media digital, mereka dapat mengakses informasi dengan mudah melalui karya tulisan orang lain, serta memiliki kebebasan untuk menyebarluaskan informasi atau berita itu juga dengan siapa pun.

Peran Penting Dunia Digital Bagi Dunia Penulisan

Kolaborasi antara komputer atau media digital dengan perangkat yang terkait lainnya mengenalkan para penulis dengan adanya Pengolah Kata yang sudah terkomputerisasi, sehingga dapat memudahkan atau mengefektifkan proses menulis. 

Adanya pemrosesan kata dan penerbitan desktop memberikan bantuan bagi penulis dalam menggabungkan berbagai macam tulisan dengan gambar, video, suara dan bahkan sebuah gerakan-gerakan yang membantu menjelaskan makna tulisan. Akses komputer dan juga internet memberikan kemudahan bagi semua penulis dalam proses penerbitan; pendistribusian; kegiatan kolaborasi, serta melakukan interaksi dengan sesama penulis atau bahkan dengan target pembaca dari tulisan tersebut. 

Tentu hal itu menciptakan Ekologi baru bagi seluruh masyarakat, membangun keterampilan dan pola pikir yang kritis untuk peka akan setiap teknologi ataupun penggunaan teknologi dengan maksimal. Adanya Ekologi baru dalam proses penulisan dan komunikasi, yaitu: Menulis, Membuat, Mengarang dan Berbagi.

Menjadi Peran Penting bagi Masa Depan

Dalam Writing in Digital Environments (WIDE) Research Collective, dengan adanya era digitalisasi ini juga menciptakan dinamika baru bagi penulis, bagaimana ia terus belajar dan diharuskan untuk peka akan lingkungan. Adanya sebuah rules antara proses, produk dan konteksnya yang akan selalu berubah-ubah menyesuaikan dengan isu atau keadaan yang sedang terjadi. 

Kepekaan akan isu di lingkungan, dan memaksimalkan peran dunia digital serta internet akan memberikan kesiapan dan pengalaman yang berharga bagi pelajar untuk karirnya di masa depan. Belajar kritis tentang media atau sarana baru tersebut, mengembangkan pemahaman mereka akan isu sosial dan lingkungan yang berada di sekitarnya ataupun yang berada jauh dari kebaradaannya.

Poin Penting dalam Melakukan Penulisan Digital

Pemahaman akan struktur menulis yang baik serta penggunaan kata dan bahasa yang tepat sangat penting dalam dunia penulisan. "Menulis dengan cara yang sesuai dengan target market yang dituju lewat penulisan yang dirancang". 

Setiap pesan dalam sebuah tulisan tentu memiliki tujuan pembacanya masing-masing, baik itu yang sesuai dengan umur, isu, genre ataupun memiliki ciri khas tertentu, hal itu harus menjadi tolak ukur utama dalam menentukan frasa atau kalimat serta bahasa yang akan digunakan dari awal hingga akhir penulisan, hal itu dilakukan untuk memudahkan target pembaca memahami dan menangkap poin pesan dari tulisan tersebut. Pengolahan bahasa menjadi poin penting untuk menghasilkan tulisan yang efektif dan efesien serta menghasilkan respon yang positif dari pembaca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x