Mohon tunggu...
Agista Noorfajarsari
Agista Noorfajarsari Mohon Tunggu... Mahasiswa - -

Halo! Saya sangat menerima kritik serta saran yang membangun, anda bisa menyampaikan melalui kolom komentar. Terima kasih.

Selanjutnya

Tutup

Money

Peluang Ekonomi Digital bagi Pelaku UMKM

8 Mei 2022   16:12 Diperbarui: 8 Mei 2022   16:15 199 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 Ilustrasi UMKM Digital (Sumber: Alinea.id)

Berdasarkan data Kementerian Koperasi (KemenKop) UKM pada tahun 2020, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki andil dalam pencapaian Produk Domestik Bruto (PDB) dengan total 60,51% atau senilai Rp9.580 Triliun serta mampu menyerap 96,92% dari total tenaga kerja yang ada, dan menghimpun dana investasi hingga 60,42% dari total keseluruhan. 

Dapat dikatakan adanya UMKM ini dapat mendorong majunya sektor perekonomian di Indonesia. Belakangan ini para pelaku UMKM sedang marak dalam melakukan transisi ekonomi dari konvensional ke digital. Hal ini dikarenakan teknologi yang terus berkembang, sehingga mendorong terjadinya perubahan pada pola hidup masyarakat.

Guna mendukung literasi digital yang memadai, pemerintah memasukkannya ke dalam salah satu agenda kementerian dengan meningkatkan kapasitas SDM serta menaikkan proses bisnis dan perluasan akses pasar, sehingga peluang ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Realisasi yang kerap kita jumpai adalah adanya toko-toko UMKM dalam platform e-commerce di Indonesia yang telah bekerja sama dengan KemenKop UKM dalam memasarkan hasil produksi UMKM agar lebih mudah dijangkau oleh masyarakat.

Selain melalui e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan lainnya. Para pelaku UMKM juga dapat menggunakan media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya sebagai wadah dalam menyebarkan informasi terkait produk yang ditawarkan kepada konsumen secara daring.

Data Potensi e-wallet di Indonesia (Sumber: Katadata.co.id)
Data Potensi e-wallet di Indonesia (Sumber: Katadata.co.id)

Terdapat bentuk peluang ekonomi digital lainnya, seperti dompet digital atau biasa disebut dengan e-wallet. Keberadaan e-wallet yang tengah  populer di kalangan masyarakat dianggap lebih praktis dibandingkan dengan harus membawa uang tunai kemana-mana.  Hal ini dapat menjadi peluang bagi pelaku UMKM untuk mulai mengadopsi e-wallet sebagai salah satu metode pembayaran transaksi jual-beli.

Bermodalkan handphone yang dilengkapi dengan jaringan internet yang memadai sebagai penunjang untuk menjalankan ekonomi digital sudah dapat mendukung pelaku UMKM untuk masuk ke dalam ekosistem ekonomi digital. 

Dengan adanya ekonomi digital akan membuat tahap promosi dan transaksi penjualan akan suatu produk ataupun jasa menjadi lebih efektif dan efisien, karena dapat melintasi batas jarak dan waktu yang ada. 

Penulis: Agista 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan