Mohon tunggu...
Agin Puspa
Agin Puspa Mohon Tunggu... Content writer

Semua berawal dari keresahan untuk memunculkan gagasan. Penulis 'moody'-an yang demen ngopi. Kadang, cuap-cuap juga di sini: https://www.instagram.com/aginpoespa

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Bikin Rileks, Menikmati Wewangian Essential Oil dari Diffuser

25 Juni 2020   11:40 Diperbarui: 25 Juni 2020   11:36 99 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bikin Rileks, Menikmati Wewangian Essential Oil dari Diffuser
Sumber: Shutterstock

Sudah seberapa stres kamu saat nggak harus ke mana-mana dan harus puas dengan keadaan di rumah aja? Yaaap, walaupun keadaan sepertinya sudah kembali normal dengan praktik new normal, tapi rasa-rasanya tetep aja kondisi di luar sana sejatinya sudah tidak senormal sebelum kehadiran si virus fenomenal ini.

Jadi, daripada ikutan euforia merayakan kebebasan dengan datang ke tempat-tempat wisata atau tempat-tempat hiburan, ada baiknya tetap bertahan di rumah dengan melakukan serangkaian kegiatan yang bikin rileks hati dan pikiran.

Sejak awal tahun, saya udah gregetan dan penasaran banget sama alat diffuser/humidifier dan berbagai essential oil yang katanya bikin moodboster saat beraktivas. Dari sanalah, mulai membuktikan daaan... Jujur aja, bikin ketagihan nyalain diffuser setiap saat.

Konon, sejak PSBB berlaku, alat bernama diffuser/humidifier ini penjualannya meningkat pesat. Tapi jangan buru-buru beli tanpa tahu lebih detail tentang alat tersebut, yaitu:

  1. Dilansir dari Kompas, diffuser adalah alat yang berfungsi untuk  menyegarkan aroma ruangan, dengan menyemprotkan minyak esensial dari aromaterapi.
  2. Humidifier adalah alat untuk melembapkan udara dan cocok untuk mereka yang tinggal di daerah yang kering atau panas. Alat ini juga dapat digunakan bagi yang sering mengalami flu, batuk-pilek, serta kulit dan tenggorokan yang kering.
  3. Selain itu, masih sejenis diffuser dan humidifier, yaitu purifier. Fungsinya untuk membersihkan udara dari debu dan partikel-partikel lainnya misalnya, serbuk sari, jamur, bakteri, dan bulu hewan peliharaan. Alat ini cocok digunakan bagi orang-orang yang memiliki alergi atau asma. Dengan begitu, frekuensi gejala dan serangan bisa dicegah.

Nah, beberapa produk atau brand alat diffuser ini biasanya punya multifungsi juga. Banyak produk yang dijual online menawarkan fungsi diffuser dan humidifier dalam berbagai ukuran, warna, dan bentuk yang lebih variatif. 

Jadi, dalam satu alat sudah ada dua fungsi tersebut. Beda halnya dengan  alat purifier, biasanya sih dijual tersendiri dan ukurannya agak lebih besar. Tidak seperti diffuser/humidifier yang bentuknya mini dan lucu-lucu.

Hal Penting Sebelum Membeli Diffuser/Humidifier

Penting banget untuk membaca deskripsi produknya sebelum benar-benar mantap membeli. Khususnya jika kita mengincar diffuser/humidifier dengan bujet affordable, ya, bukan yang high end macem Young Living.

Jadi, ada diffuser/humidifier yang perawatannya agak ribet karena harus mengganti filter setelah berapa kali pemakaian. Biasanya penjual juga jual juga si filternya. Biasanya alat yang harus gonta-ganti filter ini dijual dengan range Rp 40.000-70.000 di marketplace.

Satu lagi, ada juga diffuser/humidifier yang praktis tanpa perlu gonta-ganti filter. Perawatannya cukup di lap aja dengan tisu kering setelah selesai pemakaian. Harganya bervariasi juga dan agak lebih mahal sedikit sekitar Rp 90.000-200.000.

Kalau saya pastinya, tim yang nggak mau ribet! Kebetulan, dapet alat diffuser/humidifier dengan harga Rp 118.000 dengan kapasitas maksimal 500 ml. Oiya, patokan range harga juga sangat dipengaruhi dengan seberapa besar si alatnya bisa menampung air, ya. Saran pentingnya, wajib baca dan paham deskripsi produk si diffuser/humidifiernya, deh.

Rekomendasi Wewangian Essential Oil yang Bikin Rileks

Sumber: Pexels/Karolina Grabowska 
Sumber: Pexels/Karolina Grabowska 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x