Mohon tunggu...
Agil Septiyan Habib
Agil Septiyan Habib Mohon Tunggu... Freelancer - Planmaker; Esais; Impactfulwriter; Founder Growthmedia; Dapat Dikunjungi di agilseptiyanhabib.com

Think Different, Create Excellent

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Artikel Utama

4 Pertimbangan Penting dalam Memilih Supplier Bisnis

15 Oktober 2022   07:49 Diperbarui: 15 Oktober 2022   10:40 674
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi berbisnis (Sumber: Freepik)

Supplier menjadi salah satu elemen penting yang menunjang keberlangsungan sebuah bisnis. Kebutuhan atas material, kebutuhan terhadap peralatan penunjang produksi, bahkan termasuk barang yang "remeh temeh" seperti Alat Tulis Kantor (ATK) juga membutuhkan peran supplier agar supaya sebuah bisnis bisa meraup keuntungan sebesar mungkin dari operasinya.

Keuntungan? Bukankah justru kita yang membayar kepada supplier untuk mendapatkan produk atau layanan mereka? Memang benar. Namun, keuntungan yang dimaksud di sini adalah tentang bagaimana sebuah bisnis bisa meminimalkan pengeluaran biaya serta mendapatkan dukungan terbaik dari berbagai lini penunjang bisnis.

Secara umum, pemilihan supplier seringkali hanya mempertimbangkan dua hal saja. Padahal semestinya lebih dari itu. Setidaknya terdapat empat pertimbangan penting yang mesti diperhatikan dalam upaya memilih supplier terbaik untuk jalannya operasional sebuah bisnis.

1>> Harga Paling Murah

Perihal harga merupakan acuan yang paling umum bagi tim pengadaan di suatu unit bisnis dalam menentukan supplier yang kelak akan menjadi partner penunjang jalannya aktivitas operasional.

Beberapa supplier dipertimbangkan satu dengan yang lain dan dipilih mana yang memberikan penawaran harga paling kompetitif. 

Kalau bisa, supplier tersebut harus memberikan penawaran paling murah tapi tetap ditunjang dengan layanan yang sesuai standar kebutuhan.

2>> Kualitas Terbaik

Kualitas bisa mencakup aspek kondisi dari produk ataupun pelayanan yang diberikan. Ketepatan waktu penyediaan, kecepatan dalam merespon keluhan, dan kesesuaian antara permintaan dengan pemenuhan juga mesti diperhatikan bukan sekadar memberikan harga murah tapi layanan sekadarnya.

Kualitas dari produk atau layanan supplier ini perlu di-review secara rutin dan diberikan feedback perihal apa-apa saja yang perlu diperbaiki dan apa saja yang harus dipertahankan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun