Mohon tunggu...
Ash
Ash Mohon Tunggu... Insinyur - Just Me..

Think and Create Different...

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Artikel Utama

Hal-hal Sepele namun Vital yang Sering Terabaikan pada Saat Mengoperasikan Microsoft Excel (Bagian 2)

5 Juli 2021   07:07 Diperbarui: 6 Juli 2021   19:10 294 11 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hal-hal Sepele namun Vital yang Sering Terabaikan pada Saat Mengoperasikan Microsoft Excel (Bagian 2)
Ilustrasi Microsoft Excel | Sumber gambar: www.fiverr.com/

Bukan hanya bagi para pekerja kantoran. Para pelajar yang bergelut dengan tugas mengolah data juga relatif terbantu dengan keberadaan Microsoft Excel (Ms Excel).

Aktivitas hitung menghitung atau penggabungan data yang sebelumnya masih mengandalkan kalkulator kini menjadi lebih mudah dikerjakan.

Semasa mengerjakan tugas akhir atau skripsi dulu Ms Excel sangat meringankan tugas saya dalam merekam data pada saat melakukan penelitian. 

Pada saat itu terkadang kita perlu menelusuri koneksi informasi yang tersedia di basis data lain agar diperoleh benang merah penelusuran data untuk menunjang analisis hasil penelitian.

Dan upaya itu sepertinya akan membutuhkan waktu lama seandainya dihubungkan secara manual. Namun, dengan memanfaatkan Ms Excel proses saling mengaitkan informasi tersebut menjadi lebih cepat dituntaskan.

Melanjutkan ulasan pada artikel sebelumnya yang berjudul "Hal-hal Sepele namun Vital yang Sering Terbaikan pada Saat Mengoperasikan Microsoft Excel".

Berikut ini merupakan sesuatu yang lain di luar "deret angka di atas 15 digit" dan "copy-paste file saat filter" yang cukup mempengaruhi kenyamanan dan "keamanan" kita dalam menggunakan Ms Excel.

Spasi

Umumnya kita mengenal spasi sebatas sebagai penjeda teks pada saat menulis di layar komputer. Baik itu menulis pada layar aplikasi Microsoft Word, Microsoft Excel, Power Point, dan lain sebagainya. Padahal peran spasi sebenarnya lebih dari itu, terutama tatkala kita menggunakan program Ms Excel untuk mengolah data.

Peran keberadaan spasi sama pentingnya dengan setiap huruf, angka, ataupun tanda baca yang lain. 

Pada dasarnya keberadaan spasi dan segala karakter yang tertulis di layar komputer merupakan pembentuk "ciri khas" sebuah informasi, yang mana hal ini sangat penting tatkala kita hendak melakukan interkoneksi data pada aplikasi Ms Excel.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN