Mohon tunggu...
ASH
ASH Mohon Tunggu... Founder Sang Penggagas; Penulis Buku Powerful Life; Seorang Pecinta Literasi; Bisa dihubungi di agilseptiyanhabib@gmail.com

Berbisik Dalam Sunyi, Bersuara Dalam Senyap

Selanjutnya

Tutup

Hukum Artikel Utama

Haruskah Mencari Keadilan Hukum lewat Medsos?

10 Agustus 2020   10:22 Diperbarui: 13 Agustus 2020   11:59 496 11 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Haruskah Mencari Keadilan Hukum lewat Medsos?
Mencari keadilan lewat media sosial (Sumber: focusonfamily.com)

Sebuah unggahan di akun Instagram seorang perempuan yang mengaku korban perkosaan baru-baru ini viral di jagad dunia maya. Korban berinisial AF ini menceritakan pengalaman pahitnya via medsos sebagai upaya untuk mendapatkan keadilan atas penodaan yang terjadi pada dirinya. 

Nasib malang yang dialami oleh AF tersebut sejatinya sudah terjadi pada medio 13 Agustus 2019, tapi mengapa baru belakangan ini menghebohkan publik?

Dari beberapa pemberitaan yang beredar sebenarnya AF sudah berupaya menempuh jalur hukum atas kasusnya ini sejak lama. Hanya saja bukti yang dimiliki oleh AF dinilai tidak kuat untuk membawa kasus tersebut ke pengadilan.

Akhirnya setelah sekian lama memendam pilu atas nasibnya itu, AF pun mencoba menempuh "cara lain". Ia memposting pengalamannya tersebut ke instagram berikut beberapa informasi yang menurutnya bisa menjadi barang bukti. 

Tidak lama berselang postingan itu viral dan menjadi perbincangan para netizen. Dan yang melegakan, sang pelaku pemerkosaan akhirnya ditangkap juga oleh polisi.

Adakah yang perlu disimak lebih jauh dalam kasus ini?

Korban sudah mengupayakan jalur hukum tidak lama setelah pengalaman pahit yang dideritanya itu. Tapi tidak membuahkan hasil. Selang beberapa lama rasa frustasi membawanya pada unggahan medsos dan mengisahkan kepada publik perihal pengalaman pahitnya tersebut. 

Ternyata berhasil. Pelaku pemerkosaan diringkus polisi.

Namun apakah memang harus seperti itu langkah yang mesti diambil untuk mencari keadilan? Menunggu informasi viral di dunia maya baru akan ada tindakan penanggulangaan yang nyata? 

Ilustrasi gambar : www.brilio.net
Ilustrasi gambar : www.brilio.net
Mungkin AF bukan satu-satunya orang yang merasakan pengalaman pahit sebagai objek tindak kriminalitas tapi tidak berdaya terkait ke mana harus memperoleh keadilan. Orang-orang di luar sana bisa jadi ada yang mengalami kegetiran tanpa berani untuk mengungkapkannya.

Aparat penegak hukum tentunya akan menegakkan hukum apabila di sekelilingnya ada kesewenang-wenangan. Memproses laporan yang masuk dan mengupayakan keadilan bagi mereka yang berhak mendapatkannya. Medsos bisa jadi jalan lain yang bisa ditempuh oleh masyarakat dalam rangka menemukan keadilan yang semestinya mereka peroleh. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN