Mohon tunggu...
Ash
Ash Mohon Tunggu... Insinyur - Just Me..

Think and Create Different...

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Penundaan Produktif dan Orientasi terhadap Hasil Akhir

3 Oktober 2019   11:48 Diperbarui: 3 Oktober 2019   11:57 38 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penundaan Produktif dan Orientasi terhadap Hasil Akhir
Terkadang menunda itu perlu untuk hasil yang lebih baik | Ilustrasi gambar : pixabay.com

Jangan menunda-nunda pekerjaan. Demikian ungkapan bijak yang sering kita dengar. Bagaimanapun juga setiap niat baik harus disegerakan. Setiap rencana harus segera dieksekusi. Intinya, jangan menunda pekerjaan biar sedikitpun. Apakah ini artinya setiap penundaan berarti tidak baik?

Adakalanya kita butuh melakukan penundaan terkait sesuatu hal yang akan kita kerjakan. Sebuah penundaan produktif yang memberikan manfaat lebih besar dibandingkan saat tidak melakukan penundaan samasekali. 

Penundaan semacam ini perlu dilakukan yaitu pada saat kita diharuskan untuk memprioritaskan sebuah aktivitas dari sekian banyak aktivitas yang harus kita lakukan. Caranya yaitu dengan menuliskan semua rencana dalam pikiran kita ke dalam sebuah daftar. 

Kemudian barulah "list" dalam daftar itu diselesaikan satu per satu sesuai urutan. Istilah kata, kita mengeluarkan hal-hal yang berpotensi mengganggu konsentrasi kita dalam menyelesaikan suatu urusan.  

Karena biasanya setiap kali kita dihadapkan pada bejibun aktivitas seringkali kita ingin menyelesaikan semua hal itu bersama-sama. Ingin lekas tuntas dalam beberapa hal sekaligus. Padahal kebiasaan ini justru membuat aktivitas yang kita kerjakan hasilnya menjadi tidak optimal.

Kita mungkin akan dihadapkan pada situasi dimana beberapa hal menuntut untuk diselesaikan sesegera mungkin. Akan tetapi kita harus pandai dalam memilih dan memilah serta memprioritaskan suatu aktivitas dibandingkan aktivitas yang lain. 

Dahulukan hal-hal yang memiliki efek lanjutan terhadap aktivitas lain, atau yang terangkai secara "seri" terhadap aktivitas lainnya. Sehingga ketika nanti aktivitas lain itu kita kerjakan maka tidak akan terjadi kendala. 

Selain itu kita harus melakukan analisis terkait hal-hal apasaja yang paling mendesak untuk ditindaklanjuti segera. Kemudian satu demi satu aktivitas lain mengikuti dibelakangnya.

Penundaan produktif adalah tentang bagaimana kita melakukan secara sistematis daftar pekerjaan yang hendak kita selesaikan. Bagaimanapun juga kita memiliki banyak keterbatasan, baik itu keterbatasan waktu, fisik, sumber daya, dan lain sebagainya. Keterbatasan itu mengharuskan kita untuk memilik sesuatu hal dituntaskan lebih dulu daripada yang lain. 

Bahkan dalam proses mempelajari atau menguasai sebuah keahlian tertentu penting bagi kita untuk membuat langkah-langkah prioritas

Seringkali saat ingin menguasai suatu keahlian seperti programming, kita ingin langsung menjadi mahir sehingga semua materi "dilahap" langsung bersama-sama. Pada akhirnya kita malah justru tidak menghasilkan sesuatu samasekali. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x