Mohon tunggu...
Agil S Habib
Agil S Habib Mohon Tunggu... Founder Sang Penggagas; Penulis Buku Powerful Life; Seorang Pecinta Literasi; Bisa dihubungi di agilseptiyanhabib@gmail.com

Berkarya dan hidup bersamanya

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Apakah Pemblokiran Internet Merupakan Solusi Jitu Menangkal Hoaks?

22 Agustus 2019   15:31 Diperbarui: 22 Agustus 2019   15:41 0 0 0 Mohon Tunggu...
Apakah Pemblokiran Internet Merupakan Solusi Jitu Menangkal Hoaks?
Aksi memberantas hoaks | Ilustrasi gambar : https://wow.tribunnews.com

Sejak tadi malam (21/08), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengeluarkan kebijakan pemblokiran akses layanan informasi dunia maya atau internet sehubungan dengan terjadinya rusuh terkait demo protes kasus perkusi dan rasisme mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang beberapa hari lalu. 

Aksi protes yang berlangsung selama beberapa hari terakhir ini memang rawan "dipelintir" oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan berita hoaks yang justru berpotensi semakin memperkeruh suasana. Atas nama menjaga stabilitas maka kebijakan pemblokiran internet diberlakukan hingga suasana kembali kondusif.

Pada tahun 2019 ini tercatat Kominfo sudah sekitar dua kali mengeluarkan kebijakan pemblokiran internet. Pertama, saat sidang pengumuman sengketa hasil pemilihan umum presiden (pilpres) pada medio Mei 2019 yang lalu dan kedua saat kerusuhan di Papua baru-baru ini. 

Tindakan pemblokiran yang dilakukan oleh pemerintah ini dilakukan sebagai upaya mencegah tersebarnya berita hoaks yang marak beredar setiap kali ada peristiwa-peristiwa "besar" terjadi. Saat ini hoaks memang sudah demikian akut menjangkiti persebaran informasi di dunia maya. Sebuah masalah besar yang memang harus segera ditanggulangi agar pemberitaan palsu tidak disangka sebagai kebenaran oleh masyarakat.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa hoaks telah menjelma menjadi sesuatu yang demikian berbahaya. Kepercayaan publik bisa runtuh hanya oleh sebuah pemberitaan yang salah. Kredibilitas seseorang bisa hancur oleh karena sebaris berita hoaks. 

Hoaks adalah wujud fitnah yang "dikemas" secara modern. Tentunya perlu usaha yang tidak mudah dalam rangka pemberantasan hoaks ini. Bahkan sampai saat ini bisa dikatakan bahwa belum benar-benar ada solusi jitu untuk memberantas informasi atau berita hoaks. 

Sebagai pemegang mandat penjaga stabilitas dan kondusifitas publik, barangkali pemblokiran adalah satu-satunya jalan untuk menangkal hoaks. Minimal sebagai solusi jangka pendek, karena pemblokiran samasekali tidak menghilangkan akar atau sumber masalah kemunculan hoaks tersebut.

Sumber hoaks adalah manusia atau oknum-oknum yang dirinya dikuasai oleh sifat iri, dengki, tamak, serta serakah. Mereka iri melihat Indonesia yang damai, mereka dengki melihat harmoni di bangsa ini. Para oknum ini hanya ingin melihat kekacauan terjadi di negeri ini. 

Sedikit saja terjadi kehebohan, maka pemberitaan yang aneh-aneh bertebaran kemana-mana. Entah apa maksud oknum-oknum tersebut sehingga begitu tega memfitnah saudara saudara sebangsanya. 

Memberitakan seakan-akan terjadi aksi kekerasan padahal tidak ada, menginformasikan ada korban meninggal dunia saat rusuh demonstrasi, dan lain sebagainya. Motif apapun yang mendasari para oknum ini sebenarnya kita harus merasa prihatin melihat bangsa ini yang "diacak-acak" oleh para penghasud.

Gerakan Melawan Hoaks

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x