Mohon tunggu...
Agil S Habib
Agil S Habib Mohon Tunggu... Founder Sang Penggagas; Penulis Buku Powerful Life; Seorang Pecinta Literasi; Bisa dihubungi di agilseptiyanhabib@gmail.com

Berkarya dan hidup bersamanya

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Ada "Try Out" CPNS, Mau Ikutan?

26 Juni 2019   16:47 Diperbarui: 26 Juni 2019   21:01 0 2 0 Mohon Tunggu...
Ada "Try Out" CPNS, Mau Ikutan?
Seleksi Proses Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (Sumber gambar: Dok. Kemendikbud / money.kompas.com)

Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) sampai sekarang bisa dikatakan masih merupakan primadona sebagian besar orang. Jika kita lihat dalam setiap periode penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), jumlah pendaftarnya hampir pasti membludak. 

Begitu banyak yang antusias untuk menjadi bagian dari profesi abdi negara ini. Bahkan baru-baru ini ketika ada sebuah akun instagram @cpnsindonesia.id menawarkan ajakan mengikuti try out CPNS, orang-orang yang ikut mendaftar sudah bejibun jumlahnya. Bukti bahwa ada begitu banyak orang yang berhasrat untuk diterima dalam proses seleksi penerimaan nanti.

Tawaran atau ajakan untuk mengikuti try out CPNS ini memang tidak diadakan oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN), sehingga try out ini tidak menjamin bahwa soal-soal yang dikerjakan nanti benar-benar akan mewakili atau mendekati soal tes saat seleksi yang sebenarnya. 

Akan tetapi try out ini bisa menjadi alternatif bagi kita yang berminat menjadi PNS untuk mendapatkan wawasan tambahan seputar seleksi penerimaan PNS, atau mungkin bisa dianggap sebagai salah satu media berlatih atau ajang pemanasan sebelum melalui tahapan seleksi yang sesungguhnya.

Dalam beberapa kesempatan, sering muncul anggapan bahwa mereka yang lolos seleksi PNS adalah mereka yang beruntung atau mereka yang memiliki koneksi orang dalam. Namun, apabila berbicara tentang keberuntungan maka sebenarnya kita bisa memberikan sedikit penjabaran yang lebih logis. Bahwa keberuntungan adalah ketika kemampuan bertemu dengan kesempatan. 

"Tawaran untuk mengikuti try out CPNS ini memang tidak diadakan oleh BKN sehingga try out ini tidak menjamin bahwa soal-soal yang dikerjakan nanti akan mewakili"

Dengan kata lain, kesempatan itu adalah pada saat mengikuti seleksi penerimaan PNS sedangkan kemampuan berasal dari sebuah proses mempersiapkan diri yang tidak singkat. Berlatih adalah bagian dari upaya mempersiapkan diri itu. 

Semakin banyak kita mengasah kemampuan, menambah wawasan, dan memperkaya pengetahuan maka peluang untuk berhasil dalam seleksi penerimaan PNS akan lebih besar. 

Sehingga mengikuti try out CPNS yang ditawarkan oleh salah satu akun instagram tersebut sebanrnya sah-sah saja. Bahkan jika niatan pemilik akun yang ingin membantu banyak orang mempersiapkan diri sebelum seleksi penerimaan PNS, maka kita patut memberinya apresiasi. 

Sangat sedikit orang-orang yang mau meluangkan waktu untuk memberikan bantuan tanpa syarat kepada orang lain. Hanya saja untuk poin ini memang harus dilihat lebih lanjut tatkala proses try out dilangsungkan pada tanggal 29 Juni 2019 pukul 19.00 mendatang.

BKN sudah menyampaikan statement melalui akun instagramnya bahwa try out CPNS ini tidak bekerjasama dengan mereka, dan terlebih diadakan oleh pihak BKN sendiri. Sekali lagi try out ini hanyalah bagian dari proses berlatih yang ditawarkan oleh beberapa kalangan tertentu. Tidak menutup kemungkinan bahwa akan muncul tawaran-tawaran serupa di waktu yang lain. Selama semua tawaran itu tidak bermaksud memanipulasi orang lain maka kita harus hargai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2