Mohon tunggu...
Agil S Habib
Agil S Habib Mohon Tunggu... Founder Sang Penggagas; Penulis Buku Powerful Life; Seorang Pecinta Literasi; Bisa dihubungi di agilseptiyanhabib@gmail.com

Berkarya dan hidup bersamanya

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Doa dan Implementasi Metode"Repetitive Magic Power"

23 Maret 2019   08:34 Diperbarui: 23 Maret 2019   08:38 137 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Doa dan Implementasi Metode"Repetitive Magic Power"
Doa adalah bentuk komunikasi dengan Sang Pencipta berikut upaya repetisi membangun keyakinan positif (Ilustrasi gambar : https://static.republika.co.id)


Repetitive Magic Power atau RMP merupakan sebuah metode pengulangan kalimat agar nilai-nilai yang terkandung didalamnya tertanam di alam bawah sadar dan menjadi karakter yang men-drive kebiasaan kita. Metode ini sudah banyak diiemplementasikan oleh berbagai institusi, lembaga, ataupun organisasi di berbagai belahan dunia. Beberapa perusahaan sebelum memulai bekerja membiasakan para karyawannya untuk membacakan statement positif yang mengandung nilai-nilai penting perusahaan. 

Hal ini dimaksudkan agar pada alam bawah sadar karyawan terbangun karakter yang selaras dengan nilai-nilai perusahaan tersebut. Sebagian perusahaan mungkin membiasakan diri mereka untuk membacakan visi misi perusahaan sebelum menjalani pekerjaan. 

Dengan demikian semangat yang melandasi keberadaan perusahaan tersebut bisa ditularkan kepada segenap stakeholder yang terlibat disana.

Pengulangan memiliki kekuatan yang memang benar-benar ajaib. Paradigma yang sudah terbangun lama bisa diubah menggunakan kekuatan pengulangan ini. Mindset yang salah dapat diluruskan menggunakan metode ini. Salah seorang tokoh perubahan mindset dunia, Bob Proctor, pernah menyampaikan dalam salah satu videonya bahwa pembentukan mindset seseorang itu paling efektif terjadi pada periode usia seseorang antara 0 -- 5 tahun. 

Setelah melalui periode itu, mindset sudah terbangun dan untuk merubahnya memerlukan upaya yang tidak mudah. Sehingga masa kanak-kanak, khususnya periode 0 -- 5 tahun, adalah saat paling tepat untuk menanamkan nilai-nilai positif kedalam diri manusia. Apakah setelah melewati periode "emas" tersebut mindset didalam diri seseorang tidak bisa lagi dirumah? Bisa. 

Tapi membutuhkan usaha ekstra keras. Adapun metode yang digunakan untuk menata ulang mindset seseorang adalah dengan pengulangan. Nilai-nilai yang ingin ditanamkan harus diulang terus-menerus dalam frekuensi hingga ribuan kali. Begitupun dengan visi misi yang dimiliki seseorang, ia harus terus diulang hingga benar-benar merasuk kedalam diri. 

RMP adalah metode yang menuntut kesabaran ekstra dari pelakunya. Karena RMP tidak akan berhasil apabila hanya dilakukan selama beberapa waktu saja. Disinilah letak tantangan terbesarnya. Menjaga kontinyuitas implementasi RMP dalam menanamkan sebuah nilai tertentu.

Sebagian orang mengutarakan hasrat besar didalam dirinya kedalam visi misi pribadi. Sebagian orang ada yang tidak pernah mengutarakan visi misi atau harapan didalam dirinya, sebagian yang lain ada yang mengutarakan impiannya, dan sebagian yang lain ada yang sampai menuliskan impiannya tersebut dalam vision board atau pada layar laptop mereka. 

Akan tetapi hampir setiap orang mengutarakan segala hasrat, keinginan, harapan, impian, atau visi misinya melalui untaian doa yang ia panjatkan kepada Sang Pencipta. Doa adalah sarana yang paling pasti dipergunakan setiap orang dalam rangka  menyampaikan keinginan terdalam yang ia miliki. 

Ketika tidak semua orang bisa dijadikan tempat bertukar pikiran atau berbagi hati, Sang Pencipta kita adalah tempat yang paling bisa dipercaya untuk menyampaikan itu semua. Dia adalah tempat berkeluh kesah tanpa kita merasa risih atau ragu. Doa yang terus kita ulang setiap hari dengan penghayatan yang tulus nan mendalam akan memberikan dampak yang luar biasa. Doa adalah repetisi paling ampuh yang menciptakan paradigma baru yang positif. Keyakinan kita terbentuk dengan luar biasa dan kekuatan kita terstimulus penuh energi karena doa yang kita lantunkan penuh kesungguhan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x