Mohon tunggu...
Agil S Habib
Agil S Habib Mohon Tunggu... Founder Sang Penggagas; Penulis Buku Powerful Life; Seorang Pecinta Literasi; Bisa dihubungi di agilseptiyanhabib@gmail.com

Berkarya dan hidup bersamanya

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Fast Decision Smart Decision, Sebuah Kompetensi Society 5.0

22 Maret 2019   08:47 Diperbarui: 24 Maret 2019   13:54 342 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Fast Decision Smart Decision, Sebuah Kompetensi Society 5.0
Kita butuh memutuskan sesuatu dengan cepat dan tepat (Ilustrasi gambar : www.dailyasianage.com)

Dunia yang semakin cepat memaksa kita untuk mengikuti ritmenya. Perubahan terjadi begitu singkat dan seringkali tidak disangka-sangka. Apabila kita tidak mampu menyesuaikan diri terhadap situasi dan kondisi ini dengan segera, maka kemungkinan besar kita akan tertinggal jauh oleh arus perubahan itu. 

Tergerus oleh masa, terbawa arus waktu, dan tenggelam oleh realita yang terus berubah adalah keniscayaan bagi siapapun yang tidak adaptif terhadap perubahan. 

Kemampuan diri untuk beradaptasi sangat ditentukan oleh kecakapan dalam mengambil keputusan secara cepat namun juga tepat. Sekadar cepat dalam mengambil keputusan tetapi tidak tepat dapat menimbulkan efek negatif di kemudian hari. 

Sedangkan keputusan tepat namun tidak cepat dalam menentukannya hanya membuat kita ketinggalan momentum. Akhirnya keputusan tersebut hanya menjadi sesuatu yang sia-sia saja.

Kita terlanjut menerima paradigma don't judge book by it's cover. Sehingga dalam mengambil sebuah keputusan kita cenderung memperlama pengamatan kita, mengumpulkan referensi yang lebih banyak, dan menganalisa lebih lanjut baru kemudian menentukan keputusan akhir. 

Pertimbangan kita terkesan begitu lama demi menghindari kesalahan dalam menilai. Di sisi lain, waktu tidak pernah melambat sedikitpun. Bahkan arus zaman bergerak lebih cepat daripada sebelumnya, dan kita pun semakin terkungkung oleh paradigma yang dipahami secara tidak tepat.

Perkembangan zaman telah menuntut kita untuk bergerak lebih cepat dari sebelumnya. Termasuk di antaranya adalah dalam menentukan pengambilan keputusan. Keputusan harus diambil secara cepat dan tepat. Kita harus mampu menilai kualitas sebuah "buku" hanya berdasarkan pada "sampul" saja. 

Penglihatan kita yang sekilas terhadap sesuatu diharapkan dapat menjadi sumber terpercaya dan valid dalam mengambil kesimpulan. Bisakah? Malcolm Gladwell melalui buku Blink memberikan penjelasan rinci bahwa sebuah keputusan tepat ternyata dapat diambil hanya berdasar pada petunjuk-petunjuk tipis nan samar. 

Seorang pakar kuliner dapat menilai kualitas keseluruhan suatu makanan hanya dengan mencicip sekecap saja. Seorang top executive dapat menyimpulkan sebuah prospek bisnis cerah atau tidak dengan hanya membaca selembar laporan saja. 

Talent scout dapat menilai seorang pemain bola punya bakat luar biasa melalui pengamatan di satu babak pertandingan saja. Namun, fast decision smart decision ini tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang, terlebih oleh mereka yang awam terhadap sesuatu hal.

Ada beberapa persyaratan yang harus kita penuhi agar memiliki kemampuan mengambil keputusan secara cepat namun juga tepat ini. Bukanlah suatu kemustahilan bagi siapapun untuk dapat judge a book by it's cover. Berikut adalah dua persyaratan utama yang harus kita penuhi:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN