Mohon tunggu...
PMM UMM BHAKTIMU NEGERI
PMM UMM BHAKTIMU NEGERI Mohon Tunggu... PMM UMM

PMM BHAKTIMU NEGERI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG GELOMBANG 4 KELOMPOK 90

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa PMM UMM Kembangkan Kreativitas Anak Desa Semen Serta Ajarkan Mencintai Alam melalui Karya Seni Montase

14 Agustus 2020   12:42 Diperbarui: 14 Agustus 2020   13:50 5 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa PMM UMM Kembangkan Kreativitas Anak Desa Semen Serta Ajarkan Mencintai Alam melalui Karya Seni Montase
Contoh karya montase (dokpri)

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang sedang melakukan pengabdian masyarakat (PMM) di Desa Semen  selama kurang lebih 1 bulan megupayakan cara agar siswa di Desa tetap bisa belajar layaknya disekolah.

Oleh karena itu Mahasiswa PMM Universitas Muhammadiyah Malang mengembangkan karya seni Kolase dengan menggunakan bahan-bahan alam yang ada disekitar siswa. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar siswa mengenal jenis karya seni sederhana dan dapat mengasah kreativitas anak .

Karya seni Kolase sendiri adalah karya seni yang meliputi kegiatan menempel berbagai macam bahan pada permukaan pola. Bahan yang dipilih berasal dari alam, sembari mengajarkan anak untuk mencintai alam, dan mengajarkan bahwa karya seni bisa dibuat dengan bahan yang ada disekitar mereka,  diantaranya biji-bijian, bunga, daun kering ranting dll.

Alat yang digunakan pun sangat sederhana, yakni LEM kayu, kertas Karton ukuran A4, Pensil, dan Biji-bijian. Anak-anak sangat antusias menggambar dan menempel karya seni kolase, Bahkan 2 yang terbaik dari seluruh peserta pada hari itu, kami berikan rewads berupa hadiah.

Mereka menghasilkan suatu karya seni yang unik dengan pola sederhana yang memiliki arti pada setiap gambarnya. Ada yang menggambar pemandangan, bunga-bunga nan cantik, bahkan hewan .

Karena berasal dari biji-bijian yang ditempel, butuh konsentrasi penuh, ketelitian dan kesabaran agar menghasilkan karya seni yang cantik dan indah. Hasil kaya kolase yang telah dibuat siswa bisa digunakan sebagai pajangan di rumah mereka masing-masing sebagai bentuk apresiasi dengan cara diberi bingkai agar bisa di simpan.

Hasil karya montase (dokpri)
Hasil karya montase (dokpri)

Penulis : Annisa Wijayanti 

Editor   : Aghitsatul Habibah

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x