Mohon tunggu...
Abas jamal
Abas jamal Mohon Tunggu... Mahasiswa

Berdiri di tegak di tengah-tengah kebenaran

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Apa Itu Biaya Overhead?

26 April 2020   16:42 Diperbarui: 26 April 2020   16:40 12 0 0 Mohon Tunggu...

Pengertian sederhana dari biaya overhead adalah biaya tambahan atau biaya lain-lain, yang tidak terkait langsung dengan proses bisnis dan produksi yang dilakukan. Biaya overhead ini mungkin saja tidak begitu besar jumlahnya, atau tidak dikeluarkan secara rutin karena berasal dari pengeluaran tak terduga. Meski begitu, biaya overhead tidak boleh dikesampingkan dan harus tetap dimasukkan ke dalam anggaran seperti biaya lainnya agar bisnis dapat terus berjalan dengan baik.

Beberapa pengeluaran yang termasuk biaya overhead adalah biaya tenaga kerja dan kebutuhan yang tidak terkait langsung dengan proses produksi atau bisnis inti. Misalnya biaya sewa gedung, gaji penjaga keamanan, perawatan mesin, ATK yang tidak digunakan di pabrik produksi, dan lain sebagainya. Atau bisa berupa biaya rutin yang dikeluarkan namun tidak berhubungan langsung dengan produksi, seperti biaya asuransi pabrik dan karyawan serta biaya untuk pajak.

Biaya overhead juga bisa muncul jika bisnis atau perusahaan tersebut memiliki bagian lain di luar bagian produksi, misalnya bagian administrasi dan keuangan. Bagian tersebut tentu akan membutuhkan berbagai hal yang tentunya mengeluarkan biaya, namun tidak terkait langsung dengan produksi. Jadi biaya yang dikeluarkan pada bagian-bagian selain bagian produksi akan masuk ke dalam biaya overhead bisnis.

VIDEO PILIHAN